Jakarta (ANTARA) - Musim gugur keemasan yang romantis ternyata tidak hanya bisa dinikmati di benua Eropa atau Amerika Utara.

Di Australia, Anda bisa menikmati berbagai macam keindahan di musim gugur Australia yang berlangsung dari Maret hingga Mei setiap tahun.

Berikut empat tempat menarik untuk menikmati musim gugur di Australia seperti dikutip dari siaran pers Tourism Australia.

1. Victoria
Negara bagian Victoria merupakan salah satu destinasi terbaik untuk menikmati warna musim gugur di Australia.

Di sini, Anda dapat menikmati keindahan warna daun-daun yang berubah kuning, keemasan hingga merah.

Kota Melbourne adalah pilihan yang tepat untuk menikmati pemandangan musim gugur yang menawan sambil menikmati berbagai festival makanan dan anggur lokal.

Anda juga bisa mengunjungi Yarra Valley, di mana Anda bisa melakukan bermacam aktivitas luar ruangan dengan suasana berbeda seperti jogging, bersepeda, atau piknik sambil menikmati warna-warna musim gugur.

Tetapi, belum lengkap rasanya menikmati musim gugur di Yarra Valley tanpa segelas anggur. Sebagai daerah produksi anggur tertua di Victoria, Yarra Valley memiliki pusat pembuatan anggur yang memproduksi anggur Australia premium berkualitas terbaik.

Jika Anda mencari tempat terbaik untuk swafoto, Anda bisa pergi ke botanical garden yang tersebar hampir di seluruh negara bagian, seperti Dandenong Ranges Botanical Garden yang terletak di dekat Olinda Town, Alfred Nicholas Garden di Sheerbrooke, atau RJ Hammer Arboretum di mana Anda dapat menemukan lebih dari 150 tumbuhan asli Australia.

Bright Autumn Festival yang dimulai sejak tanggal 16 April – 5 Mei 2019 jadi salah satu pilihan. Di festival ini Anda dapat mencoba berbagai produk khas musim gugur, bersantai di taman-taman terbuka, mengunjungi pasar-pasar tradisional Australia, serta menikmati musik dan parade menarik.

Coba kunjungi Stanley, sebuah kota kecil yang terletak di perbukitan di daerah Victorian Alps yang terkenal dengan produksi apel dan kacang-kacangannya.

Kunjungi Festival Bunga Tesselaar KaBloom di Silvan dan nikmati pemandangan ribuan bunga musim gugur yang bermekaran. Festival ini berlangsung selama bulan April setiap tahun.


2. Rasa Jerman di Hahndorf, Adelaide Hills, Australia Selatan

Adelaide Hills berjarak 30 menit arah tenggara kota Adelaide. Tempat ini adalah daerah perbukitan indah yang terkenal di Australia Selatan, terutama saat dedaunan berubah kuning keemasan di musim gugur.

Pada saat ini, jangan lupa mengunjungi Hahndorf, salah satu kota paling indah di Australia yang secara turun-temurun ditempati imigran Jerman (Prusia) sejak tahun 1839.

Hahndorf terkenal dengan bangunan-bangunan berarsitektur khas Jerman yang didominasi material kayu dan bata dengan atap curam.

Dari Hahndorf, Anda dapat mengunjungi Barossa Valley, sebuah pusat perkebunan anggur di mana Anda dapat mencicipi anggur premium Australia berkelas dunia. Selain wisata kebun anggur, Barossa Valley juga menyajikan keindahan warna musim gugur Australia dan farmers market yang menjual produk-produk lokal nan segar.

Coba juga naiki balon udara dan nikmati pemandangan matahari terbit keemasan yang menyinari perkebunan anggur di Barossa Valley.

3. Musim Gugur di “Kota Warna Australia”, Orange, New South Wales

Berjarak 3.5 jam dari Sydney, Orange terkenal dengan keindahan daun-daun berwarna emas saat musim gugur. Tempat ini merupakan salah satu destinasi utama bagi warga lokal Australia dan wisatawan mancanegara yang ingin menikmati suasana musim gugur di negara bagian New South Wales.

Terletak di wilayah Canobalos, tanah Orange terkenal dengan kesuburannya yang menjadikan daerah ini sebagai salah satu penghasil produk agrikultur dengan kualitas terbaik di Australia.

Jadilah bagian dari gerakan slow food yang sedang naik daun, dengan berpartisipasi dalam 100 Mile Dinner, sebuah pesta makan komunal berisi anggur dan makanan yang diambil dari produksi lokal dalam radius 100 mil (160 km) dari kota Orange.

Orange juga merupakan rumah bagi pusat-pusat pembuatan anggur terbaik di Australia. Anda bisa mencicipi chardonnay atau pinot noir di Philip Shaw winery, Nashdale Lane winery, dan De Salis Wines.

Di daerah Ferment, Anda dapat mencoba bermacam anggur dari pusat pembuatan anggur terbaik di New South Wales.


4.Menyusuri Blackwood River Valley, Australia Barat
​​​​​​​

Blackwood River Valley dapat dijangkau dengan menempuh tiga jam perjalanan dari kota Perth, ibukota Australia Barat.

Daerah seluas 60 hektar ini merupakan rumah bagi banyak tanaman dan bunga-bunga liar khas Australia.

Tempat ini memiliki lebih dari 3000 tumbuhan asli Australia yang terdiri dari 1000 spesies berbeda.

Jika Anda menikmati aktivitas luar ruangan, Blackwood River Valley adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi karena salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan alamnya adalah dengan berjalan kaki menyusuri lembah.

Blackwood River Valley disebut sebagai salah satu dari lima tempat terbaik untuk menikmati musim gugur di Australia.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019