Jakarta (ANTARA) - Berita-berita ekonomi terhangat kemarin, mulai dari pemerintah ingin jadikan pariwisata Garut kelas dunia hingga  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati akan menghitung besaran kompensasi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal, sakit atau kecelakaan.

Berikut ini tujuh kabar ekonomi penting kemarin yang masih layak simak.

1.Pemerintah berkomitmen jadikan pariwisata Garut kelas dunia

Pemerintah berkomitmen untuk menjadikan pariwisata Garut kelas dunia dengan menghidupkan kembali jalur kereta, pengembangan daerah wisata, dan menyejahterakan masyarakat di daerah tersebut.

Sektor pariwisata memberikan nilai komparatif pada daerah pedesaan dan pinggiran yang identik dengan lingkungan alami, kekayaan budaya, keindahan pemandangan, serta keanekaragaman kekayaan hayati.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

2. Menteri Kabinet Kerja tinjau reaktivasi Jalur KA Cibatu-Garut

Menteri Kebinet Kerja, di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya beserta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf meninjau proyek reaktivasi Jalur Kereta Api Cibatu-Garut di Jawa Barat.

Jalur kereta yang legendaris itu akan kembali dihidupkan dan ditargetkan bisa dioperasikan pada September mendatang.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

3. Menteri BUMN tanggapi soal status Dirut PLN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Somarno akhirnya memberikan tanggapan terkait penetapan Dirut PT PLN (Persero) Sofyan Basir sebagai tersangka oleh KPK.

"Kemarin rapat dan langsung nonaktifkan dulu Pak Sofyan dan menunjuk pejabat sementara. Itu tanggung jawab komisaris. Nah selama sebulan ini, kami sebagai pemegang saham masih mereview," kata Rini.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

4. BUMN bantu tingkatkan pendapatan petani melalui kewirausahaan

Kementerian Badan Usaha Milik Negara berupaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya pendapatan petani melalui pembangunan fasilitas pertanian dan pengembangan kewirausahaan di Purwakarta, Jawa Barat.

Kementerian BUMN bersama Bank BTN turut membangun unit penggilingan padi (rice milling unit/RMU), mengembangkan pertanian organik terintegrasi dan memberikan kredit usaha rakyat (KUR) bagi para petani. Purwakarta menjadi satu dari sembilan titik proyek percontohan untuk dilakukan di wilayah lainnya.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

5. LinkAja kelak bisa salurkan pinjaman

Alat pembayaran digital LinkAja kelak akan bisa menyalurkan pinjaman dari saat ini yang baru bisa menjadi platform pembayaran.

"Dengan data yang kami dapat dari transaksi-transaksi, kami harap bisa ekspansi sehingga mungkin pada akhir tahun LinkAja juga bisa memberikan pinjaman bagi pengusaha kecil dengan menggunakan platform itu," kata Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmodjo.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

6. Menkeu hitung besaran kompensasi petugas KPPS

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan menghitung besaran kompensasi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal, sakit atau kecelakaan.

“Nanti kita akan hitung untuk kebutuhan anggarannya untuk memenuhi kompensasi tersebut,” kata Sri Mulyani.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

7. WHO-UNICEF pilih Bio Farma untuk pengadaan vaksin polio tipe 2

Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF memilih Bio Farma untuk pengadaan vaksin Monovalent Oral Polio Vaccine Tipe 2 (mOPV-2).

“Bio Farma menanggapi positif permintaan dari the GPEI-WHO tersebut, dan berkomitmen untuk mendukung program WHO - GPEI yaitu Global Stockpilling mOPV type 2, untuk mengantisipasi wabah (outbreak) virus polio liar tipe 2 secara global,” ujar Direktur Pemasaran Bio Farma Sri Harsi Teteki.

Detail berita lebih lanjut lihat di sini

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019