Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Jusuf Kalla berangkat ke Beijing, China, Rabu pagi, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kedua "Belt and Road Forum" (BRF) pada 25 - 27 April.

Wapres JK dengan didampingi Mufidah, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, dan rombongan perangkat terbang dengan menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan BBJ dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Rabu pagi pukul 10.00 WIB.

Rombongan diperkirakan tiba di Beijing pada pukul 17.30 waktu setempat, kemudian disambut oleh Duta Besar LBBP RI untuk China Djauhari Oratmangun dan pejabat tinggi Pemerintah China.

Selain menghadiri KTT BRF, Wapres JK juga diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping, "Working Lunch" bersama Wapres China Wang Qishan, serta menghadiri sejumlah bisnis forum dan makan malam dengan pengusaha dan perwakilan Pemerintah China.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri China sekaligus Penasihat Pemerintahan Wang Yi dalam keterangan persnya di Beijing, Jumat (19/4), mengatakan bahwa forum yang digelar untuk kedua kalinya tersebut mengambil tema "Kerja Sama Sabuk Jalan, Menatap Masa Depan Bersama yang Lebih Cerah".

Menurut dia, BRF Kedua bertujuan untuk meningkatkan mutu kerja sama di bawah kerangka kerja Prakarsa Sabuk Jalan.

Beberapa ajang di luar forum resmi tersebut juga bakal mengiringinya, termasuk 12 kegiatan subforum yang mengarah pada kerja sama praktis.

Demikian halnya dengan konferensi yang secara khusus akan digelar pertama kalinya untuk komunitas bisnis.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019