Jakarta (ANTARA) -
Kepala Seksi Pengendali Operasi Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, Mulyanto mengatakan tidak ada korban baik luka maupun jiwa dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di Pasar Blok C, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin.
 
"Alhamdulillah tidak ada korban," ujar Mulyanto di lokasi kejadian.
 
Mulyanto mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 07.00 WIB, di dua kios gudang pakaian yang terletak di lantai tiga Pasar Blok C Tanah Abang.
 
Sebanyak 20 mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api. Api berhasil dijinakkan sekitar pukul 09.00 WIB.

"Kita tinggal lokalisir dan pendinginan dinyatakan pukul 9.30 sudah clear padam," ucap dia.
 
Sementara itu, petugas keamanan Pasar Blok C Tanah Abang, Wendi mengatakan api pertama kali terlihat sekitar pukul 06.00 WIB di sebuah kios penyimpanan baju tidur.
Api kemudian membesar dan merembet ke kios di sebelahnya. Wendi mengatakan ada total empat kios yang rusak akibat kebakaran tersebut. Dua kios di antaranya rusak pada saat dilakukan pemadaman.
 
Wendi mengatakan pada saat peristiwa kebakaran itu terjadi, area lantai tiga Pasar Blok C Tanah Abang sudah mulai terjadi aktivitas. Sejumlah pedagang dan petugas kebersihan telah memulai kegiatan.
 
Namun Wendi enggan menyimpulkan penyebab terjadinya kebakaran tersebut.
 
Akibat kebakaran tersebut ruas jalan di sekitar area Pasar Blok C Tanah Abang sempat ditutup. Namun saat ini arus lalu lintas telah kembali normal.
 
Pasar Tanah Abang merupakan salah satu sentra utama tekstil Indonesia, yang juga diminati pedagang internasional, di antaranya dari Afrika.

Pewarta: Fathur Rochman, Taufik Ridwan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019