kami berharap dapat mendukung terciptanya arus mudik yang aman, lancar, dan kondusif...
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) mulai membuka pendaftaran bagi masyarakat di Provinsi DKI Jakarta, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan, yang ingin mengikuti Program BUMN Mudik Gratis Tahun 2019 dengan menyiapkan transportasi bus dan kapal laut Pelni.

"Program BUMN Mudik Gratis ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Angkasa Pura I kepada masyarakat di wilayah kerjanya sekaligus sebagai kontribusi nyata perusahaan dalam turut memperlancar arus mudik lebaran tahun 2019,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Angkasa Pura I menyediakan sebanyak 2.520 kursi yang terbagi dalam 63 bus AC bagi calon pemudik asal Jakarta menuju enam kota, yaitu Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Wonosobo, Bobotsari, dan Surabaya.

Para pemudik akan mendapatkan paket makanan ringan, obat-obatan, kaos, dan suvenir lainnya, termasuk asuransi jiwa untuk kenyamanan dan keamanan pemudik selama perjalanan menuju kampung halaman.

“Sedangkan untuk pemudik yang menggunakan kapal laut, Angkasa Pura I menyediakan 1.000 kursi kapal Pelni. Rinciannya, 400 kursi jurusan Makassar ke Surabaya menggunakan KM Labobar dan 600 kursi rute Balikpapan ke Surabaya menggunakan KM Dobonsolo,” kata Faik.

Pendaftaran mudik gratis dengan bus dapat dilakukan secara daring mulai 22 April hingga 4 Mei 2019 di situs mudikgratis.ap1.co.id dan pendaftaran secara langsung (offline) pada tanggal 6 sampai 17 Mei 2019 di Kantor Pusat Angkasa Pura I, Jakarta Pusat.

Sedangkan untuk pemudik dengan kapal laut, pendaftaran dapat menghubungi Kantor Cabang Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mulai 1 Mei sampai 25 Mei 2019.

Untuk mendaftar, calon pemudik perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) (asli dan fotokopi). Keberangkatan calon pemudik akan dilaksanakan secara bertahap.

Pada 30 Mei 2019 akan diberangkatkan satu bus rute Jakarta-Semarang  dan 62 bus sisanya diberangkatkan pada 31 Mei 2019 dari Jakarta menuju Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Wonosobo, Bobotsari, dan Surabaya.

Sedangkan calon pemudik dari Makassar menuju Surabaya yang menggunakan KM Labobar diberangkatkan pada 27 Mei 2019 dan dari Balikpapan ke Surabaya dengan KM Dobonsolo akan diberangkatkan pada 30 Mei 2019.

"Melalui program BUMN Mudik Gratis ini kami berharap dapat mendukung terciptanya arus mudik yang aman, lancar, dan kondusif, sehingga para pemudik dapat berkumpul bersama keluarganya di kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri 2019," kata Faik.

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019