IPW apresiasi pemilu 2019 berjalan lancar dan damai

id IPW

Ketua IPW Neta S Pane. (/)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi pelaksanaan pemungutan suara yang berlangsung dengan aman dan kesadaran masyarakat dalam menciptakan pesta demokrasi yang damai.

"Situasi pilpres dan pileg 2019 relatif aman. Kesadaran masyarakat untuk menciptakan pilpres damai sangat tinggi sehingga kondisi ini sangat membantu TNI dan Polri dalam menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di sepanjang proses pencoblosan hingga selesainya penghitungan di TPS (Tempat Pemungutan Suara)," ujar Ketua Presidium IPW, Neta S. Pane, dalam pernyataan resminya, Kamis.

Lebih lanjut Neta juga menyebutkan kesuksesan pemilu 2019 juga terjadi karena masyarakat menikmati proses pemberian suara serta bagaimana netralitas yang ditunjukkan TNI dan Polri ikut berperan menciptakan suasana yang kondusif.

"Kegembiraan masyarakat ini sebuah modal utama bagi terciptanya pemilu damai yang kondusif, apalagi TNI dan Polri terlihat profesional, proporsional, dan netral dalam menjaga pilpres 2019, sehingga situasi sangat kondusif," katanya.

Neta juga berharap situasi aman dan kondusif saat ini akan bertahan hingga pemimpin baru yang dipilih rakyat dilantik.

"Kita berharap situasi yang sangat kondusif ini berlangsung hingga proses pilpres 2019 tuntas, yakni hingga presiden hasil pilpres 2019 dilantik," tegas Neta.

Pewarta : Prisca Triferna, Joko Susilo
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar