Jakarta (ANTARA) - Pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin memenangkan perolehan suara pemilu di Timor Leste, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dili yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pasangan Jokowi-Ma-ruf unggul dengan total perolehan suara sebanyak 2.739 suara, sementara pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 578 suara.

Pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf unggul 81,88 persen di Timor Leste dibandingkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Metode pemungutan suara Pemilu 2019 di Timor Leste yang dilakukan oleh PPLN Dili ada dua, yaitu mencoblos langsung di tempat pemungutan suara (TPS) dan Kotak Suara Keliling (KSK).

Untuk perolehan suara dari metode coblos langsung di tujuh TPS di KBRI Dili, Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 2.276 suara, sedangkan Prabowo-Sandi mendapatkan 508 suara.
Puluhan WNI antusias menghadiri penghitungan suara Pemilu 2019 oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dili di Timor Leste pada Rabu (17/4/2019). (KBRI Dili) (KBRI Dili)

Sementara berdasarkan perolehan suara dari metode KSK, pasangan nomor urut 01 mendapat 463 suara dan pasangan nomor urut 02 mendapat 70 suara.

Selain itu, total surat suara yang tidak sah adalah sebanyak 28, yakni 5 surat suara dari metode KSK dan 23 surat suara tidak sah dari metode TPS.

Penghitungan suara hasil Pemilu 2019 yang diselenggarakan di KBRI Dili dihadiri puluhan warga negara Indonesia (WNI), termasuk Duta Besar RI untuk Timor Leste Sahat Sitorus.

Sebelumnya, WNI di Timor Leste mengikuti pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di tujuh TPS di KBRI Dili pada Sabtu, 13 April, yang berlangsung dengan tertib dan lancar.

Baca juga: Perolehan suara Prabowo-Sandi unggul di Suriah

Baca juga: Jokowi-Ma'ruf unggul di TPS 01 KBRI Beirut

Baca juga: Dua TPS di Manila lakukan penghitungan suara

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019