Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Provinsi Lampung menggelar lokakarya konstruksi bagi 2.405 mahasiswa.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka link and match antara kebutuhan Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) terampil kompeten yang bersumber dari lembaga pendidikan.

"Seperti kita ketahui bahwa era industri 4.0 merupakan era digitalisasi, dimana dibutuhkan persaingan inovasi dan keahlian. Untuk itu butuh penguatan pembinaan SDM di Perguruan Tinggi, Politeknik, Pesantren, dan SMK," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Kementerian PUPR sebagai pembina jasa konstruksi nasional telah meningkatkan kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan mulai dari SMK, Politeknik hingga Universitas sesuai fokus Pemerintah saat ini untuk pengembangan SDM Indonesia khususnya bidang konstruksi.

“Perguruan Tinggi sebagai Centre of Excellent para tenaga ahli bidang konstruksi harus merespons isu-isu strategis bidang konstruksi, seperti sustainable construction, value engineering, Building Information Modelling, serta penggunaan teknologi informasi pada era industri 4.0,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Konstruksi Syarif Burhanuddin.

Selanjutnya kerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui program mahasiswa magang pada proyek infrastruktur. Kementerian PUPR memberikan fasilitas akses kepada 6.000 mahasiswa perguruan tinggi maupun politeknik di seluruh Indonesia untuk magang di proyek-proyek yang dilakukan oleh BUJK.

“Pemerintah juga memiliki inovasi dalam pelayanan publik untuk mempercepat sertifikasi yang berbasis online, yaitu Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri atau SIBIMA Konstruksi. Dimana adik-adik (mahasiswa) bisa mengaksesnya dengan mudah, murah dan efektif,” ujar Syarif.

Kegiatan workshop digelar selama dua hari mulai 12-13 April 2019 atas kerjasama Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang, Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung dan Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK). Acara ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dan awareness dalam pembinaan dan peningkatan kapasitas SDM bidang konstruksi.

Peserta yang turut dalam pelatihan antara lain dari Universitas Lampung (1318 orang), Universitas Bandar Lampung (316 orang), Universitas Malahayati (188 orang), Universitas Saburai (108 orang), Universitas Muhammadiyah Lampung (42 peserta), Universitas Muhammadiyah Metro (57 orang), Universitas Megou pak Tulang Bawang (3 orang), Institut Teknologi Sumatera (371 orang), dan Sekolah Tinggi Teknik Nusantara (2 orang).

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019