Topan mematikan membuat ribuan orang tak peroleh listrik di AS

id Topan mematikan,Amerika Serikat,Korban tewas

Citra satelit Badai Harvey yang meluluhlantakkan daerah-daerah sepanjang pantai Texas, termasuk Houston yang merupakan kota terbesar keempat di AS. (Reuters)

New York (ANTARA) - Tornado, angin dengan kecepatan mencapai 70 mil (110 kilometer) per jam yang mengakibatkan hujan es, pada Senin mengancam wilayah mulai dari bagian timur New York sampai New England, sementara sisa topan mematikan bergerak menuju laut.

National Weather Service menyatakan lebih dari 79.000 rumah dan tempat usaha tak memperoleh listrik di Virginia, menurut jejaring jalur pelacakan PowerOutage.US, dan 89.000 pemadaman lagi dilaporkan di seluruh Pennsylvania, North Carolina, Michigan, Maryland dan New York.

Daerah yang terdampak akan menghadapi hujan lebat, hembusan angin sampai kecepatan 110 kilometer per jam dan kemungkinan hujan es, kata NWS Weather Prediction Center di Marylan.

"Ini adalah ancaman yang berlaku," kata Brian Hurley, dari pusat itu, sebagaimana dikutip Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin malam.

"Ada putaran, daerah kantung hujan lebat dan angin yang merusak yang masih bisa menerjang sebelum ini terdorong ke lepas pantai," katanya.

Topan pada akhir pekan membawa angin puting beliung yang menewaskan sedikitnya lima orang, termasuk tiga anak kecil, di US South, kata beberapa pejabat.

Sistem topan besar bergerak cepat dari Texas menuju timur dengan puluhan angin puting beliung dilaporkan saat topan tersebut menyentuh seluruh South US dari Texas sampai Georgia lalu Pennsylvania.

Hampir 2.300 penerbangan dibatalkan pada Ahad malam, lebih dari 90 persen di antaranya di bandar udara Chicago; Houston, Texas; Charlotte, North Carolina; Pittsburgh; Columbus; Ohio dan selusin bandar udara utama di Eastern Seaboard, kata FlightAware.com.

Tapi penundaan penerbangan utama dilaporkan di pantai timur sebelum pukul 06.00 waktu setempat Senin.

Front dingin topan itu membawa saljur ke Chicago pada Ahad, dengan ketebalan dilaporkan mencapai 2,5 sampai 7,6 centimeter.

Dua anak kecil, kakak-beradik yang berusia tiga dan delapan tahun, meninggal pada Sabtu, ketika satu pohon tumbang dan menimpa mobil kedua anak tersebut sedang duduk fi Pollok, Texas, kata seorang wanita juru bicara Angelina County Shriff;s Department.

Anak kecil ketiga, Sebastian Omar Martinez (13), meninggal karena renggelam pada Sabtu, ketika ia jatuh ke dalam saluran air yang dipenuhi air banjir di dekat Monroe, Louisiana, kata Deputi Glenn Springfield di Quachita Parish Sheriff's Office.

Kematian lain akibat topan dilaporkan satu orang yang tak dikenal dan terjebak di dalam satu kendaraan yang tenggelam dalam banjir di Calhoun, Louisiana, kata Springfield.

Di Mississippi, Gubernur Phil Bryant mengatakan satu orang meninggal dan 11 orang lagi cedera pada akhir pekan, saat beberapa tornado memporak-porandakan 17 kabupaten dan membuat 26.000 rumah dan tempat usaha tak memperoleh listrik.

Selain itu, tiga orang tewas ketika satu jet pribadi jatuh di Mississippi pada Sabtu, walaupun Bryant mengatakan tidak jelas apakah penyebabnya adalah cuaca.

Hujan lebat diperkirakan terjadi lagi pada Senin pagi waktu setempat di East Coast, sebelum topan tersebut bergerak ke luar.

Sumber: Reuters
Baca juga: 4.500 tahanan akan dipindahkan karena Topan Harvey di Texas
Baca juga: Tiga tewas, lebih 2.000 diungsikan akibat terjangan topan di AS selatan 
Baca juga: Trump ke Texas setelah Houston diterjang banjir bawaan Badai Harvey

Pewarta : Chaidar Abdullah
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar