Di sini sudah banyak sekali yang menerima dana desa dan akan terus ditingkatkan...
Sukabumi (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan penyelesaian Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada 2020, pembangunan jalur kereta api ganda hingga Sukabumi, dan pembangunan bandara di Sukabumi, Jawa Barat.

"Pembangunan Tol Bocimi sudah sampai Cigombong diharapkan dapat diselesaikan hingga Sukabumi tahun depan, sehingga perjalanan Sukabumi-Bogor dan sebaliknya bisa hanya 30 bahkan 25 menit," kata Jokowi dalam kampanye terbuka di Gedung Bazul Ashyab Cikembang, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis.

Ia menyebutkan saat ini banyak sekali dukungan dari para alim ulama terhadap program pembangunan yang dilakukan pemerintahannya di Sukabumi.

"Sehingga kondisi Sukabumi ini akan mulai terbalik, karena dalam 4,5 tahun kami konsentrasi di sini seperti pembangunan Tol Bocimi, " ujar Jokowi.

Ia menyebutkan pemerintah juga akan segera menyelesaikan pembangunan jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi.

"Akan segera kita selesaikan sehingga masyarakat punya pilihan naik mobil pribadi, kendaraan umum, atau kereta, karena ada semua," katanya.

Capres petahana itu juga menyebutkan pembangunan bandara di Sukabumi akan mulai dilakukan pada 2019 ini.

"Kami harapkan perekonomian Sukabumi utamanya sektor pariwisata akan berkembang baik sehingga masyarakat bisa mengembangkan kegiatan ekonomi bidang pariwisata dan membuka lapangan kerja," kata Jokowi.

Ia juga menyebutkan akan melanjutkan program dana desa dan program sertifikasi tanah untuk memberi kepastian hak atas tanah oleh masyarakat.

"Di sini sudah banyak sekali yang menerima dana desa dan akan terus ditingkatkan sehingga desa punya jalan, jembatan, irigasi yang baik," kata Jokowi.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019