Jakarta (ANTARA) - Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta investor tidak mengkhawatirkan kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) yang relatif tumbuh positif pada tahun politik.

"Tahun politik menjadi tahun yang 'gloomy' bagi sebagian investor. Padahal, secara historis kinerja IHSG cenderung mencatatkan hasil positif," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna dalam Workshop Go Public Bersama BRI Group bertajuk "Akselerasi Pertumbuhan Berkelanjutan Perusahaan Melalui IPO Saham" di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan kinerja IHSG pada tahun berlangsungnya pemilu memperlihatkan pertumbuhan, seperti pada 2004 sebesar 45 persen, pada 2009 sebesar 87 persen dan pada 2014 sebesar 22 persen.

"Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk masuk ke pasar modal," katanya.

Oleh karena itu, Nyoman juga mengajak perusahaan-perusahaan di dalam negeri untuk masuk ke pasar modal melalui mekanisme penawaran umum perdana saham (IPO).

"Manfaatkan tumbuhnya pasar modal dan ekonomi nasional yang kondusif. Melalui IPO, perusahaan dapat berekspansi lebih baik," katanya.

Berdasarkan data BEI, jumlah perusahaan yang melakukan IPO sejak awal tahun hingga 10 April 2019 baru sebanyak delapan perusahaan, yakni PT Sentra Food Indonesia Tbk, PT Pollux Investasi Internasional Tbk, PT Estika Tata Tiara Tbk.

Kemudian, PT Nusantara Properti Internasional Tbk, PT Citra Putra Realty Tbk, PT Armada Berjaya Trans Tbk, PT Wahana Interfood Nusantara Tbk, PT Meta Epsi Tbk.

Pada kesempatan sama, Direktur Ritel dan Menengah BRI Supari mengatakan perseroan akan mengajak para debitur untuk melantai di pasar modal.

"Kami berharap dapat meningkatkan 'awareness' mengenai manfaat 'go public', khususnya bagi debitur yang belum 'go public'," katanya.

Disamping itu, BRI berupaya memberikan nilai tambah terkait pelayanan pasar modal yang dapat diberikan BRI Group kepada nasabah melalui kerja sama dengan BEI.

Saat ini, BRI Group memiliki layanan keuangan yang terintegrasi kepada debitur terkait pelayanan pasar modal yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah, khususnya dengan hadirnya PT Danareksa Sekuritas yang sudah menjadi bagian dari Bank BRI.

Baca juga: Survei tunjukkan investor masih optimistis kondisi ekonomi pada tahun politik

Baca juga: Kemenperin sebut lima industri tumbuh signifikan di tahun politik

Pewarta: Zubi Mahrofi dan Satyagraha
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019