Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena melibatkan sampai tingkat Rukun Warga (RW) dan mahasiswa.

"Musrenbang tahun ini, terdapat pendamping di tingkat rukun warga (RW) dan juga mahasiswa, sehingga diskusi yang terjadi jauh lebih konstruktif serta usulan yang muncul juga menjadi lebih padat sehingga lebih terkoordinir," kata Anies ketika membuka Musrenbang dalam rangka Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) DKI Jakarta tahun 2020 di Balai Agung, Rabu.

Dia berharap dengan dilibatkan sampai level RW dan mahasiswa maka Musrenbang tahun ini menjadi lebih berkualitas.

Dengan tema "Memacu Pertumbuhan Berkualitas", Anies ingin semua masyarakat di ibukota merasakan pertumbuhan. Tidak hanya sekedar kuantitasnya, tetapi juga kualitasnya.

"Kualitas ditentukan dari seberapa banyak orang yang merasakan pertumbuhan tersebut. Dengan kata lain, pertumbuhan yang merata adalah pertumbuhan yang berkualitas," kata Anies.

Anies mengharapkan bukan hanya pertumbuhan yang tinggi di DKI Jakarta, tetapi juga merata, sehingga bisa dirasakan oleh seluruh kalangan.

Menurut Anies pembangunan mempunyai tujuan untuk membangun manusia untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Sehingga manusianya tumbuh, masyarakatnya adil," ujar Anies.

Anies mengharapkan dengan adanya musrenbang 2020 ini bisa mendorong semua orang untuk tidak hanya melihat hal teknis, tetapi ide, gagasan, terobosan yang akan didiskusikan bisa mendorong untuk lebih melihat dari sekedar hal teknis tetapi juga yang mempunyai efek transformasi masyarakat di ibukota Jakarta.

Pewarta: Ganet Dirgantara dan Citra Maharani Herman
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019