Pembangunan tol ini diharapkan memberikan dampak bagi pemerataan pertumbuhan ekonomi wilayah sekitarnya...
Probolinggo (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di Jawa Timur sepanjang 31,30 kilometer sebagai bagian dari jalan Tol Trans Jawa yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan tiba di Gerbang Tol Probolinggo Timur, Rabu pagi, untuk meresmikan proyek jalan tol yang dikerjakan oleh BUMN PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai pengembang dan kontraktor.

Presdir PT Waskita Karya (Persero) Tbk, I Gusti Ngurah Putra, dalam keterangannya mengatakan beroperasinya jalan tol yang merupakan bagian dari jaringan jalan Tol Trans Jawa ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh secara signifikan dari Pasuruan ke Probolinggo dan sebaliknya, dari sebelumnya 2,5 jam menjadi 30 menit.

“Proyek Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo diperoleh Waskita pada 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp2,9 triliun,” katanya.

Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo memiliki tiga Gerbang Tol (GT) yakni GT Tongas, GT Probolinggo Barat, dan GT Probolinggo Timur.

Turut hadir dalam acara peresmian ini Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Jalan tol itu juga diharapkan akan membuka peluang bangkitnya potensi di daerah yang akan meningkatkan konektivitas yang lebih baik
pertumbuhan ekonomi lokal.

“Pembangunan tol ini diharapkan memberikan dampak bagi pemerataan pertumbuhan ekonomi wilayah sekitarnya, serta memperlancar dan mengurangi biaya angkutan logistik di Jawa Timur,” kata I Gusti Ngurah Putra.

Sebelumnya jalan Tol Paspro telah dibuka secara fungsional saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2019. Pengerjaan proyek jalan tol ini dimulai Mei 2016 dan selesai pada Desember 2018.

Baca juga: 2.347 personel amankan kunjungan kerja Jokowi di Probolinggo

Baca juga: Harga minyak turun dibayangi kekhawatiran permintaan energi anjlok


 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019