Jakarta (ANTARA) - PT Sarana Multi Infrastruktur dengan Bloomberg Philanthropies memperkuat komitmen bersama dalam bidang bantuan teknis maupun fasilitas lainnya untuk mendukung pencapaian sasaran pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.

Keterangan pers Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan yang diterima di Jakarta, Selasa, menyatakan komitmen ini disepakati melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini dengan Kepala Divisi Program Lingkungan Bloomberg Philanthropies Antha Williams.

Kerja sama yang disepakati di Kantor Pusat Bloomberg Philanthropies di New York, AS, pada Senin (9/4), ini diharapkan memperkuat dan mengeksplorasi peluang kolaboratif dalam bidang infrastruktur pasar modal, kota berkelanjutan, inovasi pemerintah, dan aspek lainnya terkait SDGs.

Melalui perjanjian ini, Bloomberg Philantropies akan memberikan bantuan teknis dan saran kepada PT SMI, bertukar ide, serta memfasilitasi diskusi bagi kepala daerah dalam pengambilan keputusan dan penerapan kebijakan untuk mengembangkan kota berkelanjutan di Indonesia.

Selain melakukan penandatanganan nota kesepahaman, PT SMI bekerja sama dengan Bloomberg Philanthropies dan Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) menyelenggarakan sesi diskusi untuk berbagi pengalaman dalam menerapkan program agar pencapaian pembangunan berkelanjutan terealisasi dengan optimal.

Emma Sri Martini mengatakan pelaksanaan SDGs di Indonesia dapat menghasilkan penyediaan sarana infrastruktur yang berkualitas sehingga mampu mentransformasi kebutuhan menjadi peluang bagi pemangku kepentingan dalam berbagai proyek infrastruktur di Indonesia.

Sementara itu, Antha Williams mengatakan komitmen bersama ini dilakukan karena Indonesia merupakan salah satu contoh negara yang baik dalam mengedepankan kolaborasi antara masyarakat, pemeritnah, sektor swasta dan filantropi secara aktif untuk mendukung pencapaian SDGs.

Dalam kesempatan ini, ikut hadir menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang mengharapkan komitmen ini dapat membuat perubahan dalam pemenuhan target yang ditetapkan dalam SDGs.

"Dengan bekerja bersama, tidak hanya di Indonesia, tapi juga lintas negara, kita akan membuat perubahan untuk meraih kemajuan," katanya.

Sri Mulyani juga akan terus mendukung dan mendorong PT SMI yang selama ini menjadi salah satu katalisator pembiayaan infrastruktur di Indonesia untuk menggali kesempatan kerja sama dan memperluas jejaring komitmen pendanaan yang lebih besar.

Dengan demikian, PT SMI sebagai salah satu BUMN dibawah Kementerian Keuangan dapat melahirkan berbagai manfaat ekonomi sosial yang lebih merata bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Kepala Bappenas sebut revolusi industri 4.0 bisa bantu capai SDGs

Baca juga: Kepala Bappenas dorong pemanfaatan dana zakat untuk capai SDGs

Pewarta: Satyagraha
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019