Bank sampah Denpasar terkoneksi "Sidarling" dikonversi tabungan emas

id Pegadaian bersihkan sampah pantai,konversi bank sampah,tabungan emas,PT Pegadaaian Bali

Sekda Kota Denpasar Anak Agung Rai Iswara (kanan) bersama Pimpinan Kantor Wilayah Pegadaian Denpasar, Bali, Nuril Islamiah. (FOTO ANTARA/HO-Antaranews Bali/Komang Suparta/IST/2019)

Denpasar (ANTARA) - Sebanyak 120 bank sampah di seluruh Kota Denpasar, Provinsi Bali yang telah terkoneksi dengan aplikasi "Sidarling" (Sistem Aplikasi Sadar Lingkungan) atas kerja sama dengan PT Pegadaian memungkinkan tabungan sampah dapat dikonversi ke dalam bentuk tabungan emas.

"Aplikasi Sidarling yang telah diluncurkan pada HUT ke-231 Kota Denpasar tahun 2019," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Denpasar, Ketut Wisada, di sela kegiatan bersih di Pantai Mertasari bersama PT Pegadaian Persero dan Iwapi Denpasar, Sabtu.

Ketut Wisada mengatakan hal itu sejalan dengan Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) dan juga untuk mengurangi beban Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar, maka DLHK Kota Denpasar telah mengadakan MoU dengan PT Pegadaian bersama pemangku kepentingan terkait lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara mengatakan, kegiatan bersih pantai itu merupakan bukti derap pembangunan di Kota Denpasar, terutama dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi penggunaan kantong plastik telah terjalin sinergi yang baik antara seluruh komponen yang ada di dalamnya.

Ia merujuk pada Peraturan Wali Kota Denpasar Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, yang telah diterapkan melalui berbagai program strategis oleh pemkot setempat yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

"Sesuai yang tertuang dalam Perwali itu, tentu harus disikapi dengan penuh kesadaran antara pemerintah, perusahaan, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dengan aksi nyata," katanya.

Sinergi baik yang tercipta itu, katanya, tentu saja akan mempercepat capaian dalam mendukung program pembangunan di Kota Denpasar sesuai dengan visi misi Kota Denpasar sebagai Kota Kreatif Berwawasan Budaya.

Sementara Pimpinan Kantor Wilayah VII PT Pegadaian, Nuril Islamiah mengatakan kegiatan bersih lingkungan yang dilaksanakan oleh keluarga besar Kanwil VII PT Pegadaian Persero bersinergi dengan DLHK Kota Denpasar, Iwapi Bali dan DPC Iwapi Kota Denpasar ini merupakan kegiatan serentak yang juga dilakukan pada waktu yang sama di 12 lokasi diseluruh indonesia melibatkan kurang lebih 6.000 peserta.

Untuk kegiatan di Kota Denpasar, kata dia, yang dilibatkan mencapai sekitar 500-an peserta dari segala lapisan masyarakat, kantor perusahaan dan dinas. 

"Selain kegiatan bersih pantai, juga dilaksanakan pemecahan rekor MURI pembukaan tabungan emas dan pembagian sekitar 1.000 tas ramah lingkungan," katanya.

Seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan momentum bagi BUMN bersinergi dengan pemerintah daerah dan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan alam di Bali, khususnya di Kota Denpasar, demikian Nuril Islamiah.

Baca juga: Gajah sumatera ikut bersihkan sampah di Bali

Baca juga: "Miss Pure International" promosikan Bali perangi sampah plastik

Baca juga: Legislator Bali minta pemerintah evaluasi TPA Suwung

Pewarta : I Komang Suparta
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar