Surabaya (ANTARA) - Persebaya membekuk Madura United dengan skor 1-0 di partai semifinal putaran pertama Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu sore.

Gol tunggal kemenangan Bajul Ijo dicetak oleh Manuchehr Jalilov menit ke-64 melalui sundulan kepala setelah memanfaatkan umpan silang Amido Balde.

Jalannya pertandingan di awal babak pertama, Persebaya yang mengincar gol cepat tidak mampu mengembangkan permainan, bahkan lebih banyak bermain di daerahnya sendiri.

Kedua tim lebih terlihat bermain hati-hati dengan memainkan posisi bola, sembari sesekali memaanfaatkan serangan balik.

Praktis, sepanjang 45 menit juga tidak ada peluang yang membahayakan bagi kedua tim, termasuk peluang tendangan bebas dan tendangan penjuru yang gagal dimaksimalkan.

Permainan terbuka kedua tim baru tampak saat babak kedua berjalan, dan beberapa peluang emas dari kedua tim juga terlihat.

Kedua pelatih juga sama-sama melalukan rotasi, Persebaya memainkan M Hidayat menggantikan Alwi Slamat, sedangkan Madura United memainkan Andik Vermansyah dan Alfath Faathier menggantikan David Laly dan Andik Rendika Rama.

Gol yang ditunggu 50 ribu bonek akhirnya datang di menit 64 setelah Manuchehr Jalilov mencetak gol melalui sundulan kepalanya memanfaatkan umpan silang Amido Balde.

Tertinggal, Madura United mencoba tampil lebih menyerang dengan memaksimalkan kecepatan Andik Vermansyah dan Zah Rahan dari lebar lapangan.

Kiper Persebaya Miswar Saputra yang dibantu Otavio Dutra dan Hansamu Yama Pranata berkali-kali harus berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Lima menit jelang laga usai, tim tamu harus kehilangan Asep Berlian yang terkena dua kartu kuning, bahkan beberapa menit sebelumnya pelatih Dejan Antonic yang diusir wasit karena protes berlebihan ke hakim garis.

Hingga wasit Agus Fauzan Arifin asal Kabupaten Sleman membunyikan peluit akhir, tak ada gol tambahan dan skor akhir 1-0 menutup pertandingan.

Kedua tim akan kembali bermain di semifinal putaran kedua pada Sabtu, 6 April di Stadion Ratu Pamelingan Kabupaten Pamekasan, Madura.
Baca juga: Puluhan ribu bonek berhenti bernyanyi semenit kenang Eri Irianto
Baca juga: Persebaya targetkan gol cepat hadapi Madura United


Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019