Serang punya dua kegiatan besar rutin tahunan, yakni Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) dan Festival Bedolan Pamarayan
Serang (ANTARA) - Bupati Serang, Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah dan Menteri Pariwisata Arief Yahya telah berkomitmen untuk mewujudkan Anyer Reborn sebagai wujud komitmen membangkitkan kembali pariwisata pantai pascatsunami Selat Sunda.

"Pemkab Serang punya dua kegiatan besar rutin tahunan, yakni Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) dan Festival Bedolan Pamarayan," kata Tatu saat menerima kunjungan Menteri Pariwisata Arief Yahya di Pendopo Kabupaten Serang, di Serang, Senin

Tatu menjelaskan, dalam upaya membangkitkan wisata Anyer Cinangka, Pemkab Serang telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain yang sudah terlaksana yakni Funbike Sejabat 7 dan Lomba Burung Berkicau. Kemudian pada Juni direncanakan ajang Expo AKCF, lomba batik, dan Festival Silat Kaserangan Serang. Pada bulan Juli ada ajang Gemarikan dan Beach Clean Up.

Selanjutnya, kata dia, pada Agustus lebih banyak ajang, yakni Color Fun Run, Ngagurah Dano, dan lomba kuliner. Pada September ada lomba mancing Selat Sunda, Anyer Krakatau Bike Festival, dan Anyer Krakatau Adventure Destination.

Kemudian pada Oktober seiring dengan hari jadi Kabupaten Serang, ada AKCF Surfing Competition, Pameran UMKM, dan Festival Bedol Pamarayan.

“Kami agendakan kegiatan maraton untuk kembali memulihkan Anyer khususnya, dan umumnya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Serang,” kataTatu.

Ia meminta Kementerian Pariwisata memberikan dukungan terhadap beberapa kegiatan AKCD dan Festival Bedol Pamarayan.

“Kita sepakat untuk mewujudkan Anyer Reborn, dan optimistis pariwisata pantai di Kabupaten Serang akan kembali bangkit,” katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku, sudah tiga kali mengunjungi Banten pascatsunami Selat Sunda 22 Desember 2018 lalu.

“Kemenpar telah membentuk Tim Selat Sunda Aman. Tiga strategi pemulihan sektor pariwisata Selat Sunda di Banten dan Lampung dengan total anggaran kurang lebih Rp15 miliar,” katanya.

Tiga strategi tersebut yakni, pemulihan sumber daya manusia (SDM), pemulihan pemasaran, dan pemulihan destinasi terdampak. Kemenpar memberikan dukungan 49 kegiatan pemulihan di Banten.

“Dari 49 kegiatan yang direncanakan, sampai dengan 30 Maret 2019, telah dilaksanakan 16 Kegiatan atau 32,65 persen,” ujarnya.

Arief menegaskan kesiapan bersama pemerintah daerah di Banten untuk mewujudkan Anyer Reborn.

“Silakan koordinasi dengan kami, dari kegiatan yang tersisa, mana yang bisa diambil untuk Kabupaten Serang. Kami siap membantu dan berkomitmen bersama bahwa saat ini, Selat Sunda sudah aman,” ujarnya.

Baca juga: Dispar Banten sebut Anyer aman untuk dikunjungi wisatawan

Baca juga: Kemenpar katakan festival anyer ceria bukti anyer aman dikunjungi

Pewarta: Sambas
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019