DPR himbau tokoh nasional keluarkan pernyataan meneduhkan

id bambang soesatyo

Ketua DPR, Bambang Soesatyo. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR, Bambang Soesatyo, menghimbau kepada para tokoh nasional mengeluarkan penyataan yang meneduhkan, bukan membuat suasana "panas" menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

"Bersikaplah sebagai negarawan, jangan membuat suasana semakin panas namun harus membuat suasana teduh," kata dia, di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin.

Hal itu dia katakan terkait pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, saat menjadi salah satu peserta aksi 313, yang digelar di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3).

Rais mengatakan, kalau terjadi kecurangan dalam Pemilu, langkah yang ditempuh tidak melalui jalur hukum di Mahkamah Konstitusi namun menggunakan people's power.

Soesatyo berharap semua tokoh nasional bijaksana dalam mengeluarkan pernyataan dan biarkan masyarakat menentukan pilihannya di Pemilu 2019.

Ia mengingatkan, sudah ada aturannya bahwa terkait sengketa atau ditemukan kecurangan di Pemilu diselesaikan melalui jalur hukum di MK.

"Khan sudah ada aturan main dan UU mengatur soal adanya kecurangan Pemilu diselesaikan di MK dan ada upaya hukum lainnya," ujarnya.

Baca juga: Hidayat ingatkan pemilu jangan dijadikan ajang adu domba

Baca juga: Mari berbondong-bondong ke TPS saat pemilu untuk mencoblos, ajak PBNU

Baca juga: KIP: Penyelesaian sengketa informasi Pemilu lebih cepat

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar