Jember (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 9 Jember menyediakan sebanyak 4.240 tiket mudik gratis untuk membantu masyarakat yang ingin menggunakan moda transportasi kereta api dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah selama masa angkutan Lebaran 2019 di wilayah daerah operasi setempat.

"Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan PT KAI mengadakan program mudik dan balik gratis naik kereta api untuk tanggal keberangkatan yang sudah ditentukan," kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya, angkutan kereta api gratis untuk arus mudik dan balik di wilayah Daop 9 Jember terdiri dari KA Probowangi relasi Banyuwangi - Surabaya Gubeng dan KA Tawangalun relasi Banyuwangi - Malang untuk perjalanan selama empat hari pada tanggal 7 Juni hingga 10 Juni 2019.

"PT KAI Daop 9 menyiapkan sebanyak 4.240 tiket yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dengan menggunakan moda transportasi KA secara gratis," tuturnya.

Ia menjelaskan sebanyak 4.240 tiket gratis tersebut terdiri dari 2.120 tiket KA Probowangi dan 2.120 tiket KA Tawangalun dan jumlah tiket kereta gratis pada Lebaran tahun 2019 meningkat dibanding pada Lebaran 2018 yang berjumlah sebanyak 3.000 tiket kereta gratis,"

"Untuk mendapatkan tiket angkutan mudik dan balik gratis menggunakan kereta api, masyarakat bisa memesan di stasiun dalam jaringan (daring) terdekat dengan memenuhi sejumlah persyaratan yang sudah ditentukan," katanya.

Luqman mengatakan pemesanan tiket kereta api untuk mudik dan balik gratis 2019 bisa dilakukan sejak 1 April 2019, kemudian pemesan wajib menyertakan foto kopi kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu keluarga (KK) atau kartu tanda mahasiswa (KTM) dan kartu pelajar, kemudian mengisi formulir pemesanan yang telah disediakan.

"Satu pemesan maksimal empat tiket kereta api dan tiket tidak bisa dibatalkan atau ditunda atau dialihkan kepada orang lain, sehingga calon penumpang kereta mudik dan balik gratis harus memperhatikan hal tersebut," ujarnya.

Pemesanan tiket mudik dan balik gratis naik kereta api, lanjut dia, hanya bisa dilayani di loket stasiun-stasiun yang dilewati oleh perjalanan KA Probowangi dan KA Tawangalun dengan pemesanan tiket mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB, serta tiket KA mudik dan balik gratis tidak bisa dipesan melalui aplikasi KAI Acces, daring ataupun channel eksternal lainnya.

"Mudah-mudahan tiket kereta mudik dan balik gratis yang disediakan PT KAI bekerjasama dengan Pemprov Jatim setiap tahun saat masa angkutan Lebaran dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik," katanya, menambahkan.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019