Desa-desa di Kaltim didorong manfaatkan Portal Desa Kemendes

id portal desa online,kemendes,dana desa ,kpmd,desa kaltim

Tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim berfoto bersama dengan Kepala Desa Kedang Ipil, Kamis (28/3/2019) (istimewa)

Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur  mendorong desa-desa memanfaatkan portal desa yang disiapkan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk mempromosikan potensi sektor pertanian, perkebunan, pariwisata, maupun kebudayaan di wilayah setempat.

"Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyiapkan website untuk desa dengan nama Portal Desa Online, jadi ini harus dimanfaatkan," ujar Kasi Pengembangan Masyarakat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim Helvin di Samarinda, Jumat.

Dorongan penggunaan portal dilakukan karena saat ini desa-desa terus berlomba menciptakan inovasi guna meningkatkan SDM dan ekonomi masyarakat, kemudian produk dari inovator desa tersebut diinformasikan dan dipromosikan melalui  portal tersebut.

Tujuan dari promosi via portal antara lain untuk menyebarkan informasi ke masyarakat tentang kondisi desa, lingkungan, profil desa, potensi wisata, hingga potensi lain yang bisa menarik orang untuk datang.

Ia melanjutkan, pemerintahan desa/kampung tiap tahun mendapat kucuran Dana Desa (DD) yang lumayan besar, maka sudah selayaknya desa dapat memanfaatkan sarana internet untuk menyebarkan informasi hasil dari pembangunan di daerahnya.

Selain bisa mempromosikan potensi via portal desa online, pemerintah desa juga bisa membuka kanal beritandeso.com yang berisi informasi seputar pembangunan desa, program desa, dan artikel menarik yang dapat menjadi inspirasi pembangunan desa.

Sebelumya, saat melakukan pembinaan Kader Pembangunan Masyarakat Desa (KPMD di Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartangera, Helvin juga menyampaikan hal yang sama tentang pentingnya memanfaatkan portal desa.

Apabila portal ini dimanfaatkan, lanjutnya, maka warga desa bisa berperan aktif sebagai citizen journalism, menginformasikan setiap persitiwa di desa, perkembangan desa, hingga masalah yang dihadapi desa untuk mendapatkan saran dari luar demi pembangunan desa.

Melalui portal desa, pemerintah juga memiliki sumber informasi yang kemudian bisa mengecek kebenarannya dengan langsung datang ke desa, sehingga hal ini diyakini bermanfaat dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi desa.

Sementara itu, Kasi Pengembangan Informasi Desa dan Kelurahan DPMPD Kaltim Isnawati, mengatakan, pemerintah desa sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat dalam mengatur kepentingan warga desa, dapat memanfaatkan sarana internet untuk kemajuan desa.

"Banyak hal yang bisa dimanfaatkan pemerintah desa dari internet, di antaranya melalui portal desa online atau membuat website desa maupun blog desa. Melalui portal ini, pemerintah desa dapat mengabarkan perkembangan dan potensi yang dimiliki desa," ucap Isna.  

Baca juga: Menteri Desa jamin penyeleweng dana desa ditindak tegas
Baca juga: Desa adat di Denpasar mendapat bantuan Pemkab Badung Rp3 miliar

 


Pewarta : M.Ghofar
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar