Yogyakarta (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo melayat ke rumah duka Wakil Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Muhammad Yamin, di Maguwoharjo,  Sleman, Yogyakarta.

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan istri tiba di rumah duka di Kompleks Batan, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Sabtu sekitar pukul 08.25 WIB.

"Innalillahi wainna illaihi rojiun, telah berpulang ke Allah SWT bapak M Yamin yang merupakan ketua relawan kita dan kita tidak menyangka memang sebelumnya kalau kita melihat dalam rapat sehat saja," kata Jokowi seusai melayat di rumah duka di Sleman.

Muhammad Yamin meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Plumbon Majalengka, Jawa Barat, pada Jumat (22/3). Jenazah Muhammad Yamin lalu dibawa melalui perjalanan darat.

"Tapi sudah menjadi kehendak Allah. Keluarga besar kita menyampaikan ikut belasungkawa atas meninggalnya bapak M Yamin dan semoga keluarganya diberikan kesabaran dan ketabahan," tambah Jokowi.

Jokowi menilai bahwa sosok Yamin adalah seorang pekerja keras.

"Almarhum rajin, pekerja keras dalam setiap acara apapun beliau selalu hadir," ungkap Jokowi.

Jokowi mengaku terakhir bertemu Yamin  dua minggu lalu.

Sebelumnya, Direktur Relawan TKN Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, Maman Imannulhaq menyampaikan kabar duka mengenai meninggalnya Muhammad Yamin tersebut.

Maman Imanulhaq dalam pesannya menyebutkan, "Innalillahi wainnailaihi roji'un. Telah berpulang ke rahmatullah pada hari ini, Jumat, 22 Maret 2019, Wakil Direktur Relawan TKN Jokowi-Amin, Muhammad Yamin, di RS Mitra Plumbon Majalengka Jawa Barat dan akan dibawa ke rumah duka di Yogyakarta".

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga mengucapkan, "Semoga rahmat dan magfirah dari Allah SWT terlimpah kepada almarhum yang telah berjuang dengan penuh cinta kasih, dedikasi, dan loyalitas demi Indonesia yang berdaulat dan maju".

Maman juga mengingatkan semua relawan agar memanjatkan doa khusus untuk almarhum.

"Kita sangat kehilangan sosok tokoh senior, pemimpin yang penuh semangat, mengayomi, dan penuh kasih sayang," katanya.

Maman tidak menyebutkan apa penyakit Muhammad Yamin sebelum meninggal dunia.

Anggota Komisi VIII DPR itu juga mengingatkan para relawan untuk tetap semangat dan meneruskan perjuangan yang telah ditularkan Muhammad Yamin dalam upaya memenangkan pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin pada Pemilihan Presiden 2019.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon, yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019