Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin meminta agar warga yang hendak memberikan bantuan agar menyalurkannya ke posko resmi yang sudah dibuka sejak bencana banjir bandang melanda wilayah di Kabupaten Jayapura.

Saat ini dilaporkan  ada posko penerima bantuan dan pengungsi siluman yang menerima bantuan tapi tidak menyerahkannya ke korban yang benar-benar tertimpa musibah, katanya.

“Sudah ada laporan tentang berdirinya posko siluman termasuk pengungsi yang sebetulnya tidak terdampak,” kata Irjen Pol Sormin seusai memimpin apel pasukan dalam rangka operasi mantap brata di Jayapura, Jumat.

Mantan Kadiv Propam Mabes Polri mengatakan, dengan adanya laporan posko siluman serta pengungsi siluman diharapkan instansi atau masyarakat yang hendak memberikan bantuan berhati-hati dan menyalurkannya ke posko-posko yang sudah ada seperti di gunung merah dan beberapa posko lainnya.

Saat ini tercatat sekitar delapan posko yang ada dan siap menangani bantuan untuk menyalurkannya ke korban banjir bandang penyaluran bantuan untuk korban banjir bandang.

Banjir bandang melanda Kabupaten Jayapura, Sabtu (16/3) menyebabkan 104 orang meninggal, 93 orang dilaporkan hilang.
Sekitar 11 ribuan warga dilaporkan mengungsi ke berbagai wilayah di sekitar Sentani yang dianggap aman.

Banjir bandang juga menyebabkan 25 kampung di sekitar danau Sentani terendam air akibat air danau meluap.

Baca juga: Pemkab Mimika buka posko bantuan bencana Sentani

Baca juga: Babinsa berhasil evakuasi Nenek Friskila Wally dari Danau Sentani

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019