Jakarta (ANTARA) - Ketua Tim Adhoc Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Khalisah Khalid menyayangkan bahwa isu lingkungan hidup kurang diperhatikan sebagai tema penting dalam Debat Capres 2019.

"Kami melihat sampai sejauh ini isu lingkungan hidup masih jadi isu pinggiran, belum jadi isu pokok dalam momentum politik elektoral," kata Khalisah Khalid di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, meski isu lingkungan sempat disinggung, namun tidak sampai menyentuh akar masalah. Menurut dia, isu lingkungan masih dianggap kalah penting dibandingkan dengan isu ekonomi.

"(Isu lingkungan) tenggelam oleh isu ekonomi yang jadi isu dominan," katanya.

Walhi pun berisiatif menyelenggarakan Rapat Akbar di Hall Basket GBK pada 23 Maret 2019 mendatang guna memberikan ruang untuk menggali masalah-masalah pokok terkait lingkungan hidup.

"Acara ini (Rapat Akbar) menunjukkan persoalan riil karena yang menyuarakan itu masyarakat yang mengalami konflik agraria atau kerusakan lingkungan," katanya.

Tujuan digelarnya Rapat Akbar ini di antaranya untuk mendorong agar isu lingkungan hidup menjadi prioritas bagi pemerintahan RI yang akan datang.

"Kami dorong isu-isu penyelamatan lingkungan, persoalan lingkungan ini agar jadi pengingat bagi pemerintahan dan bisa menjadi isu prioritas," katanya.  

Baca juga: Walhi gelar rapat akbar bahas isu pokok lingkungan
Baca juga: Walhi: jawaban kedua capres tidak memuaskan soal lingkungan

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019