Bantu korban banjir Jayapura, Baznas terjunkan tim

id Baznas,Banjir bandang jayapura

(ki-ka) Kepala Badan Tanggap Bencana BAZNAS Ahmad Fikri, Anggota BAZNAS Nana Mintarti, Direktur Pendistribusian Mohd Nasir Tajang dan Kepala RSBI Meizi Fachrizal Achmad dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (18/1/2018), terkait pengiriman tenaga medis dan logistik untuk turut mengatasi Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit campak dan gizi buruk suku Asmat di Kampung Nakai, Distrik Pulau Tiga dan Kota Agats, Papua. (ANTARA/Anom Prihantoro)

Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menerjunkan tim untuk membantu korban banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Ketua Baznas Bambang Sudibyo, melalui pernyataan yang diterima di Jakarta, Kamis mengatakan tim gabungan dari Baznas Tanggap Bencana (BTB) Kabupaten Mimika dan Provinsi Papua, saat ini tengah melakukan proses pencarian dan evakuasi korban banjir.

"Baznas memberikan bantuan kepada para korban bencana banjir yang terjadi di Sentani melalui personel di daerah, saat ini fokus utama penanganan awal yang dilakukan adalah proses evakuasi," katanya.

Ia menambahkan, tim BTB pusat juga disiagakan untuk mendukung layanan pascabencana di Sentani.

"Baznas bersiaga melayani masyarakat yang mengalami kesulitan, termasuk para korban bencana ini. Tim terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memantau cuaca dan gejala alam lainnya yang berpotensi menimbulkan bencana agar dapat memberikan layanan cepat," katanya.

Seperti di Lombok, Palu, Banten, dan Lampung, kata dia, Baznas tidak hanya menerjunkan tim evakuasi dan mendistribusikan bantuan kemanusiaan saja, tapi juga mengembangkan program pemulihan berupa penyembuhan trauma dan peningkatan ekonomi masyarakat yang terdampak.

"Ketika bencana terjadi, banyak masyarakat yang menjadi korban, kehilangan tempat tinggal, dan mata pencarian sehingga dapat menimbulkan kemiskinan baru. Untuk itu, Baznas hadir untuk melayani masyarakat," kata Bambang Sudibyo.

Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah sungai meluap dan mengakibatkan banjir bandang yang menerjang sebanyak 9 kelurahan di Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. 

Baca juga: Baznas santuni ratusan pelajar di Papua Barat

Baca juga: Baznas luncurkan aplikasi mudahkan pencarian orang hilang saat bencana

Baca juga: Baznas ingin Indonesia tiru Malaysia terapkan kewajiban berzakat

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar