Anies serahkan bantuan untuk korban kebakaran di Krukut

id kebakaran,krukut

Gubernur DKI Jakarta menyerahkan bantuan uang sebesar Rp100 juta untuk korban musibah kebakaran di Krukut, Jakarta Barat, Senin (18/03/2019).( ANTARA/Susylo Asmalyah)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan bantuan uang sebesar Rp100 juta untuk korban musibah kebakaran di Krukut, Jakarta Barat yang terjadi pada hari Minggu.

"Tadi saya serahkan bantuan senilai Rp100 juta kepada Pak RW  untuk kebutuhan - kebutuhan yang membutuhkan sifatnya dana, karena dari pemerintah semuanya sifatnya barang yang dibutuhkan awal, nanti silakan diatur bersama," kata Anies di lokasi kebakaran di Krukut, Jakarta Barat, Senin.

Selanjutnya pemerintah akan memberikan bantuan untuk modal awal perbaikan rumah senilai Rp2,5 juta per rumah untuk memperbaiki kembali.

Mengenai dana yang diberikan sebesar Rp2,5 juta per rumah nanti akan diatur sumber dananya. Dia mengungkapkan bahwa sebelumnya menggunakan dana dari Bazis. Sedangkan bantuan Rp100 juta yang diserahkan untuk para korban, Anies mengatur sendiri.

"Kita lihat nanti apakah posnya masih tempat yang lain, tapi angkanya sama seperti ketika kejadian dua bulan lalu," kata Anies.

Pada fase ini, Pemprov fokus pada membersihkan dan pendataan, sesudah itu lengkap baru nanti bicara tentang rehabilitasi.

"Pada fase rehabilitasi nanti pak wali akan memimpin dengan data sudah lengkap. Fase ini adalah fase memastikan kebutuhan dasar terpenuhi dan pembersihan berjalan dengan baik," kata Gubernur.

Korban musibah kebakaran ada sekitar 220 rumah, lebih dari berapa 660 KK (Kepala Keluarga) dan ada 2.020 jiwa yang berdampak langsung.

Baca juga: Anies kunjungi korban musibah kebakaran di Krukut
Baca juga: Pemukiman terbakar di Krukut Jakarta Barat


 

Pewarta : Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar