Palembang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Sumatera Selatan hingga pertengahan Maret 2019 ini baru menyelesaikan pelipatan satu jenis dari lima jenis surat suara untuk Pemilu 17 Apri 2019.

"Kegiatan pelipatan surat suara yang mulai dilakukan sejak 9 Maret 2019 berjalan lancar sesuai rencana, pada tahap pertama telah diselesaikan pelipatan surat suara berwarna merah untuk pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sebanyak 1,1 juta lembar lebih," kata Komisioner KPU Palembang, Yetty Oktarina di Palembang, Rabu.

Pemilu tahun ini dilakukan pemilihan anggota legislatif tingkat kabupaten/kota hingga pusat serentak dengan pemilihan presiden dan wakil presdien periode 2019-2024.

Menghadapi Pemilu serentak tersebut pihaknya menyiapkan lima jenis surat suara yang dibedakan dengan warna yakni pertama untuk pemilihan anggota DPD RI surat suaranya berwarna merah, kedua DPR RI berwarna kuning.

Kemudian surat suara untuk pemilihan anggota DPRD provinsi berwarna biru, DPRD kabupaten/kota berwarna hijau, dan kelima surat suara untuk pemilihan presiden/wapres berwarna abu-abu.

Setelah pelipatan surat suara untuk pemilihan anggota DPD RI selesai, pihaknya berupaya menyelesaikan pelipatan surat suara untuk pemilihan anggota DPR RI dan tiga jenis surat suara lainnya hingga akhir Maret ini.

Untuk melakukan pelipatan surat suara Pemilu 2019 ini, pihaknya menunjuk rekanan melalui proses tender yang melibatkan 300 orang.

Pada Pemilu 2019 ini tercatat 1.126.087 masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap hasil pemutakhiran 2 (DPTHP2).

Masyarakat yang memiliki hak suara itu tersebar di 4.805 Tempat Pemungutan Suara (TPS), mereka diharapkan dapat menggunakan haknya dengan baik sesuai hati nurani pada 17 April 2019, ujar Komisioner KPU Palembang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM itu.

Baca juga: KPU Palembang kekurangan tempat penyimpanan kotak suara
Baca juga: KPU Palembang mulai siapkan perlengkapan Pemilu 2019

 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019