Palembang (ANTARA) - Ribuan personel tim gabungan yang terdiri dari anggota TNI, Polri, dan Satuan Polisi Pamong Praja siap mengamankan kedatangan Presiden Joko Widodo di Palembang, Jumat-Sabtu.

Danrem 044/Garuda Dempo Kol Arh Sonny Septiono, di Palembang, Jumat malam, mengatakan pihaknya siap mengamankan kedatangan Presiden dan rombongan di Sumatera Selatan.

Presiden antara lain akan menghadiri Deklarasi Millennial Road Safety Festival dan silaturahmi dengan petani karet Sembawa, Banyuasin.

Dalam persiapan mengamankan kedatangan Presiden Jokowi tersebut, pihaknya melaksanakan apel gabungan, kata Danrem yang juga Dansatgas Pamwil itu pula.

Apel gelar pasukan itu bertujuan untuk memastikan kesiapan personel dan perlengkapan, sekaligus memantapkan koordinasi terkait tugas dan tanggung jawab pengamanan yang diemban masing-masing subsatgas dalam menjalankan tugas mengamankan RI-1 beserta rombongan.

Para prajurit TNI, Polri, dan personel instansi terkait dalam pengamanan ini diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya dan profesional.

Jadi untuk memberikan rasa aman kepada RI-1, kami sudah menyiapkan ribuan personel gabungan, katanya lagi.

Selain itu, gelar pasukan ini juga merupakan sarana untuk mengecek kesiapan pengamanan baik perseorangan maupun satuan, agar dalam pelaksanaan tugas nantinya dapat berjalan aman dan lancar.

Seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI beserta rombongan diharapkan bisa bekerja secara maksimal dan penuh tanggung jawab.

Danrem meminta kepada semua personel TNI dan Polri maupun instansi terkait yang telah mendapatkan tugas, agar bekerja dengan penuh tanggung jawab, dan diminta agar tim pengamanan melaksanakan setiap tugas sesuai perintah dan prosedur pimpinan.

Dia mengingatkan, jangan mengabaikan dan meremehkan hal-hal negatif meskipun kecil, karena apabila terjadi kesalahan dan kekeliruan yang terjadi di dalam tugas pengamanan, akan berdampak besar.

Menurutnya, untuk personel TNI-Polri diingatkan terus mengawasi lokasi objek-objek yang akan dikunjungi, sehingga benar-benar kondusif dan steril, sehingga selama kunjungan berlangsung tidak terjadi hambatan dan permasalahan yang tidak diinginkan.

Direncanakan Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Sumsel dengan sejumlah agenda selama dua hari, 8 dan 9 Maret 2019, salah satunya adalah menghadiri acara Deklarasi Millennial Road Safety Festival dan acara silaturahmi dengan petani karet Sembawa, Banyuasin.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019