1.800 warga Kabupaten Bandung mengungsi akibat banjir

id Banjir kabupaten bandung, warga mengungsi, bpbd kabupaten bandung

Tim SAR mengevakuasi korban banjir di Kabupaten Bandung (Dok Basarnas)

Bandung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, menyatakan sebanyak 1.800 warga mengungsi ke sejumlah tempat akibat banjir yang menerjang di 11 kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis.

"Untuk pengungsi, data sementara yang masuk ke kami, itu sekitar 1.800 an warga mengungsi. Mereka mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung, Achmad Djohara, ketika dihubungi melalui telepon oleh Antara.

Achmad menjelaskan, sejumlah pengungsi di wilayah langganan banjir di Kabupaten Bandung seperti di Baleendah dan Dayeuhkolot mengungsi ke tempat penampung atau shelter yang sudah disiapkan pemda.

"Ada yang di shelter Dayehkolot, ada yang ke gedung atau fasilitas publik, di masjid dan lain-lain," katanya.

Menurut dia, hingga Kamis pagi banjir telah merendam 11 kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, hingga Kamis, dan terdampak paling parah adalah Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Andir.

Ke-11 kecamatan yang terendam banjir adalah Baleendah, Andir, Dayeuhkolot, Cileunyi, Rancaekek, Majalaya, Cicalengka, Cikancung, Ciparay, Katapang dan Kecamatan Kutawaringin.

Dia mengatakan, ketinggian air yang merendam 11 kecamatan tersebut bervariasi mulai dari 35 cm hingga 1,5 meter yang disebabkan curah hujan yang tinggi dan luapan air Sungai Citarum.

Baca juga: 6.361 rumah teredam banjir di Kabupaten Bandung
Baca juga: Banjir di Cigosol Baleendah Bandung mencapai 160 cm
Baca juga: Tinggi genangan banjir di Baleendah, Bandung, satu meter lebih

Pewarta : Ajat Sudrajat
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar