Kiai Ma`ruf sebut gagasannya soal pariwisata syariah ditiru Sandiaga

id wisata,syariah

Cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin, usai menyampaikan pidatonya di Lapangan Bolevard Pangandaram, Jawa Barat, Kamis (28/2/2019). (Dok Tim KMA)

Jakarta (ANTARA News) - Cawapres nomor urut 01 KH Ma`ruf Amin menyatakan dirinya menjadi tersanjung karena gagasannya soal wisata syariah kini ditiru oleh cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno yang akan menerapkan wisata halal di Bali.

"Wisata Syariah itu kan gagasan saya. Sudah lama saya ngomong soal wisata syariah, lalu dia (Sandiaga-red) ikut-ikutan akan membuat wisata halal, terima kasih," kata KH Ma`ruf Amin dalam keterangan resminya saat memberi sambutan di Lapangan Bulevard Pangandaran, Jawa Barat, Kamis.

Kiai Ma`ruf berada di Pangandaran dalam rangkaian Safari Politik ke Jawa Barat selama lima hari sejak Senin (24/2) hingga Jumat (1/3).

KH Ma`ruf Amin mengatakan hal itu menanggapi pernyataan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno yang menyatakan akan menerapkan wisata halal di Bali.

Kiai Ma`ruf menjelaskan dirinya sudah lama menggagas dan berupaya mengembangkan Wisata Syariah, sejak sekitar 20 tahun lalu.

Ia menyebut sudah ada wisata syariah, seperti hotel syariah dan travel syariah. "Wisata syariah sebenarnya sudah lebih banyak, tinggal bagaimana kemasannya. Kalau dia (Sandiaga-red) mau ikut mendukung, terima kasih," katanya.

Kiai Ma`ruf berharap baik di Pangandaran maupun di daerah lainnya di Indonesia terus dikembangkan destinasi wisata syariah.

"Saya berharap di Pangandaran juga menjadi salah satu destinasi wisata sehingga menjadi makin berkembang," katanya.

Sebelumnya, cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam kunjungannya ke Bali mengatakan, akan megembangkan wisaya syariah di Bali.

Menurut Sandiaga, pangsa pasar wisata syariah sangat besar. Prabowo-Sandiaga akan fokus untuk memberdayakan UMKM, meningkatkan kewirausahaan, serta pariwisata di Bali karena pariwisata memiliki keterkaitan dengan UMKM.

"Salah satunya adalah pariwisata halal yang banyak potensinya. Pariwisata ini sekarang banyak diterapkan di Bangkok, Thailand," kata Sandiaga, di Denpasar, Bali, Minggu (24/2).

Baca juga: Sandiaga janji kembangkan wisata syariah Jakarta
Baca juga: MES Bali minta maaf terkait wisata syariah


 

Pewarta : Riza Harahap
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar