Pangkalpinang (ANTARA News) - Ribuan warga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memeriahkan "Millennial Road Safety Festival" yang diselenggarakan Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kepulauan Babel di Alun-Alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Minggu.

"Event Millennial Road Safety Festival ini dilaksanakan untuk menggugah para generasi muda penting keselamatan berkendara," kata Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Istiono, di Pangkalpinang.

Dia menyatakan bahwa yang akan membedakan pelaksanaan Event Millennial Road Safety Festival di Babel dengan daerah lain di antaranya yang pertama mengajarkan anak-anak muda untuk dapat mengurangi kecepatan saat menggunakan kendaraan bermotor.

Apalagi di Babel, karakteristiknya khusus, karena kondisi jalan umumnya mulus dan bagus, sehingga anak muda cenderung mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi.

"Dengan event ini mari kita setop pelanggaran, setop kecelakaan. Nanti kami juga akan menggerakkan komunitas kendaraan untuk turut mengedukasi tentang keselamatan berlalu lintas ke sekolah-sekolah," katanya pula.

Selain itu, pihaknya nanti akan mengadakan penilaian terhadap sekolah, universitas, BUMN, dan pemerintah daerah mana yang paling tertib berlalu lintas dan paling banyak pelanggarannya.

"Bagi sekolah, universitas, BUMN maupun pemerintah daerah dinilai paling tertib berlalu lintas akan kami berikan penghargaan dan piala," katanya lagi.

Ia berharap dengan dilaksanakan event tersebut, pelanggaran kecelakaan bisa ditekan, masyarakat milenial bisa lebih disiplin dalam berlalu lintas sehingga menjadi budaya masyarakat dalam berkendara di jalan raya.

Dalam kegiatan itu, Polda Kepulauan Bangka Belitung menghadirkan ikon anak muda yang merupakan seorang youtubers terkenal, yaitu Mak Ele Bukan Kaleng?Kaleng, Grup Band Jamrud. Selain itu, juga menghadirkan dua pembawa acara dari ibu kota, yakni Narji dan Yeyen Lidya.

"Mereka ini sebagai duta?duta kita untuk menggugah kesadaran anak?anak muda, supaya lebih peduli terhadap keselamatan lalu lintas," ujarnya lagi.

Baca juga: Polri usul 31 Maret jadi Hari Keselamatan Berlalu Lintas

Baca juga: 30 ribu warga Papua Barat deklarasikan keselamatan berkendara

 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019