Jakarta (ANTARA News) - Partai NasDem optimistis mampu menambah kursi DPR di daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta III. Anggota DPR dari Fraksi NasDem, Ahmad Sahroni, mengatakan hal itu, di Jakarta, Selasa, untuk membantah hasil Lembaga Survei Charta Politika yang memperkirakan partai tersebut tidak akan menyumbang satupun kursi di DPR dari daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta III.
 
Sahroni yang kini tercatat sebagai anggota Komisi III DPR ini menyebutkan bahwa pada Pileg 2014 sejumlah riset bahkan tidak memunculkan nama calon legislator (caleg) NasDem untuk DPR. 
 
Namun kemudian hasil Pileg berkata lain, dimana NasDem meloloskan satu kursi dari Jakarta yang diwakili oleh Ahmad Sahroni.
 
"Dulu (Pileg 2014) nama Ahmad Sahroni tidak ada dalam survei tapi menghasilkan satu kursi. Sekarang ada namanya (dalam survei), satu kursi pasti dijamin dapat. Gak ada namanya dapat satu kursi, gimana ada namanya?" kata Sahroni.
 
Sahroni mengungkapkan strategi dirinya menarik hati para pemilih di Dapil III dengan aksi nyata turun langsung ke masyarakat. 
 
Data diterima dari Ahmad Sahrorni Center (ASC), selama menjabat sebagai wakil rakyat sejak Oktober 2014, Ahmad Sahroni setidaknya telah melakukan 129 kunjungan ke masyarakat dengan kapasitasnya sebagai anggota DPR/MPR dalam berbagai kegiatan seperti reses, kunjungan kerja daerah pemilihan, dan sosialisasi 4 pilar. 
 
Ia juga tak pernah melewatkan enam kali kunjungan daerah pemilihan (kundapil) setiap tahunnya yang diatur oleh UU No 17 Tahun 2014 Tentang, MPR, DPR, DPD, dan DPRD, serta Peraturan DPR RI No 1 Tahun 2014 Tentang Tata Tertib.
 
Begitu juga kegiatan reses untuk menyerap aspirasi di daerah pemilihannya, dilakukan wakil rakyat dengan panggilan akrab Anak Priok ini lebih dari 10 kali setiap tahunnya.

Sahroni juga kerap tak membatasi pertemuan dengan masyarakat hanya dengan 100 orang seperti diatur dalam perundangan. Masyarakat yang diberikan undangan bertatap muka dengannya kerap berjumlah 500 hingga 1000 orang.
"Semangat kerja, maju terus, pantang mundur," ucap Sahroni.
 
Sahroni mengimbau agar warga Dapil DKI Jakarta III cermat memilih caleg yang secara konsisten mau turun mendengar aspirasi warga dan sekaligus mencarikan solusi atas persoalan tersebut.
 
"Pilihlah caleg yang tidak pernah absen di masa reses, mendengar dan mencari solusi pada persoalan masyarakat," katanya. 
 
Di daerah pemilihan DKI Jakarta III, Sahroni bersaing ketat dengan Charles Honoris (PDI Perjuangan), Lulung Lunggana (PAN), Yusril Ihza Mehendra (PBB), dan Adang Dardjatun (PKS). Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, memperkirakan pertarungan antarcaleg di Dapil DKI Jakarta III akan berlangsung ketat.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019