Kantong plastik yang sudah digunakan jangan langsung dibuang, namun dipilih dulu untuk dipakai lagi jika masih bisa dimanfaatkan,
Baturaja, Sumsel (ANTARA News) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengimbau masyarakat di wilayah tersebut untuk mengurangi penggunaan kantong plastik agar sampah dari sisa yang digunakan tidak menumpuk.

"Kantong plastik yang sudah digunakan jangan langsung dibuang, namun dipilih dulu untuk dipakai lagi jika masih bisa dimanfaatkan," kata Kepala DLH Ogan Komering Ulu, Slamet Riyadi di Baturaja, Rabu.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya sedang fokus mengurangi sampah jenis plastik dengan gencar melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan sampah di sejumlah titik kawasan Kota Baturaja.

"Kegiatan ini kami lakukan selain menjadikan Kabupaten Ogan Komering Ulu daerah bersih dan ramah lingkungan, sekaligus untuk mempertahankan Piala Adipura yang diraih kedua kalinya pada Desember lalu," ungkapnya.

Apalagi lanjutnya, dalam waktu dekat ini tim penilai dari Kementerian Lingkungan Hidup RI akan datang ke Baturaja guna menilai kebersihan di kawasan Kabupaten Ogan Komering Ulu.

"Tim penilai ini akan fokus pada pengurangan masalah sampah jenis plastik dengan memantau sejumlah titik kawasan di Ogan Komering Ulu seperti keberadaan bank sampah," katanya.

Untuk itu, kata dia, seluruh pihak pengelola bank sampah di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu diminta mengaktifkan operasionalnya menampung barang bekas seperti kantong plastik dan sisa botol minuman mineral guna mengurangi sampah.

"Seluruh bank sampah harus aktif karena nantinya menjadi salah satu titik yang akan dinilai oleh tim penilai tersebut," ujarnya.

Baca juga: KKP: Sampah plastik laut ancaman keberlanjutan sumber daya ikan
Baca juga: KKP: buang sampah plastik rusak lautan Nusantara

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2019