Untuk "bedah rumah" Baznas Riau alokasikan anggaran Rp360 juta

id Baznas Riau,bedah rumah,Rp360 juta

Baznas Provinsi Riau (FOTO ANTARA/HO-antarariau.com)

Pekanbaru, (ANTARA News) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau, mengalokasikan anggaran Rp360 juta untuk kegiatan membedah sebanyak 24 unit rumah penduduk pada 12 kabupaten dan kota melalui "Program Riau Peduli tahun 2019".

"Melalui program Riau Peduli itu, untuk membedah satu unit rumah akan didanai sebesar Rp15 juta dan program tersebut bakal dipercepat sambil menunggu hasil survei dari Baznas kabupaten dan kota hingga April 2019," Kepala Bagian Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Provinsi Riau, Idris, di Pekanbaru, Rabu.

Menurut Idris, program Riau Peduli ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Baznas dalam menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat yang kurang mampu.

Untuk tahap awal, kata dia, sudah dilakukan peletakan batu pertama bedah 1 unit rumah warga di Desa Pangkalan Kampoi, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan.

"Program bedah rumah ini merupakan program rutin tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Unit Pengumpul Zakat IMRA dalam menyejahterakan mustahik yang membutuhkan bantuan," katanya.

Sementara itu pada tahun 2018 tercatat 2 unit rumah di bedah di Kabupaten Inhil dengan nilai per unit sebesar Rp25 juta, yang sifatnya insidentil yang dibantu karena tahun 2018 belum diprogramkan "bedah rumah" tersebut.

Tahun 2019, katanya, dianggarkan lebih besar lagi dengan jumlah rumah yang bakal dibedah juga lebih banyak lagi sehingga program ini dharapkan bisa mempercepat upaya pengentasan kemiskinan di daerah itu.

Oleh karena itu, diharapkan potensi ZIS (zakat, infak dan sedekah) Unit Pengumpul Zakat IMRA tersebut, akan terus bertambah dan memberikan kesejahteraan bagi para mustahiknya, demikian Idris.

Baca juga: Wagub Riau bayar zakat mal Rp40 juta

Pewarta : Frislidia
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar