Kakorlantas prediksi puncak arus balik libur Tahun Baru pada malam ini

id Refdi andri,Libur tahun baru,Cikarang utama

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri (tengah) saat menjawab pertanyaan wartawan, di sela-sela pengecekan arus balik libur Natal dan Tahun Baru, di pintu Tol Cikarang Utama, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (5/1/2019). (ANTARA News/ Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA News) - Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri memperkirakan Minggu (6/1) malam menjadi puncak arus balik gelombang dua dalam liburan Natal dan Tahun Baru.

Siaran pers yang diterima Antara pada Minggu (6/1) malam, menyebutkan prediksi tersebut didasarkan hasil pantauan Kakorlantas terhadap situasi arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Hari ini (Minggu) jumlah kendaraannya lebih banyak dibandingkan hari kemarin (Sabtu 5 Januari). Untuk itu, kami perkirakan jelang malam nanti hingga (Senin 7 Januari) pagi, akan ada peningkatan volume kendaraan," kata Kakorlantas Refdi.

Memasuki hari terakhir libur Tahun Baru 2019 dan liburan sekolah, jumlah kendaraan dari Cikampek menuju Jakarta yang melewati Gerbang Tol Cikarang Utama hingga Minggu (6/1) sore tercatat sebanyak 31.484 kendaraan. Sementara di arah Jakarta ke Cikampek tercatat 31.366 kendaraan.

Menurut dia, kepadatan arus dari Sabtu (5/1) hingga Minggu (6/1) yang melewati Gerbang Tol Cikarang Utama jumlahnya berimbang. 

Untuk total kendaraan yang keluar masuk di Tol Jakarta-Cikampek sejak Sabtu (5/1) hingga saat ini jumlahnya lebih dari 70.000 kendaraan.

"Untuk arus balik malam ini, diperkirakan jumlahnya akan lebih banyak dibandingkan hari kemarin," kata Refdi.

Pihaknya pun belum memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa lawan arus atau contra flow di Tol Jakarta-Cikampek karena situasi lalu lintas masih kondusif.

"Mudah-mudahan rekayasa tidak perlu kami lakukan melihat situasi yang telah kami persiapkan sedemikian rupa. Lalu lintas masih terpantau kondusif," katanya.

Baca juga: Kakorlantas: Tol Japek padat ke arah Jakarta

Baca juga: Kendaraan arah Jakarta di Gerbang Tol Cikarang Utama mulai ramai

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar