Kakorlantas: Tol Japek padat ke arah Jakarta

id Refdi andri,Libur natal dan tahun baru,Tol jakarta cikampek

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri (tengah) saat menjawab pertanyaan wartawan, di sela-sela pengecekan arus balik libur Natal dan Tahun Baru, di pintu Tol Cikarang Utama, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (5/1/2019). (ANTARA News/ Anita Permata Dewi)

Cikarang (ANTARA News) - Kepadatan lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek terjadi dari kilometer 24 hingga kilometer 10 arah menuju Jakarta pada Sabtu (5/1) sejak pukul 20.00 WIB.

"Kepadatan terjadi akibat penyempitan jalan serta telah beroperasinya kendaraan angkutan golongan III, IV dan V bercampur dengan (kendaraan pribadi) arus balik," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Refdi Andri, dalam siaran pers, Sabtu (5/1) malam.

Menurut dia, terkait kepadatan ini, rekayasa lalu lintas telah diberlakukan sejak pukul 18:30 WIB dengan mengalihkan arus melalui jalur Cikarang Barat untuk mengurai kepadatan di Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Sampai saat ini telah diberlakukan pengalihan sebanyak tiga kali," katanya.

Akibat kepadatan arus balik ini, kecepatan rata-rata kendaraan yang melintas terpantau kurang lebih sekitar 30 km per jam.

Kakorlantas mengatakan untuk jumlah personel lalu lintas tetap disiagakan sebanyak 100 personil di lokasi tersebut walaupun Operasi Lilin 2018 telah berakhir pada 1 Januari 2019.

Sabtu (5/1) dan Minggu diprediksi menjadi puncak arus balik gelombang kedua dalam liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. ***2***

Baca juga: Kendaraan arah Jakarta di Gerbang Tol Cikarang Utama mulai ramai

Baca juga: Macet 15 kilometer, operator tol Jakarta-Cikampek arahkan tempuh arteri

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar