Arus balik menuju Jakarta lancar

id Refdi andri,Arus balik natal dan tahun baru,Tol cipali

Kakorlantas Polri Irjen Polisi Refdi Andri (tengah) berbincang dengan Rudi Hutapea (kedua kanan), warga yang hendak kembali ke Jakarta bersama keluarganya di Rest Area KM 164 Tol Cipali, Jawa Barat, Sabtu (5/1/2019). (ANTARA News/ Anita Permata Dewi)

Cipali (ANTARA News) - Situasi lalu lintas di Tol Cipali, Jawa Barat, pada Sabtu sore, terpantau lancar di kedua ruas, baik ruas tol yang menuju Cikopo Palimanan maupun ruas tol menuju Jakarta.

"Pergerakan arus balik kendaraan ke Jakarta relatif lancar," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Polri Irjen Polisi Refdi Andri di Rest Area KM 102 Cipali, Subang, Jawa Barat, Sabtu.

Arus kendaraan yang lancar membuat sebagian pengemudi memacu kendaraan lebih kencang.

"Kecepatan (kendaraan) kira-kira 80 kilometer-90 kilometer per jam," katanya seraya menambahkan Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali didominasi oleh kendaraan pribadi.

Jumlah kendaraan yang melintas dari arah Cikampek ke Jakarta yang melewati pintu tol Cikarang Utama pada Sabtu dari pukul 06.00-16.00 WIB sebanyak 30.000 kendaraan.

"Sampai nanti pukul 24.00, diperkirakan jumlah kendaraan yang menuju ke Jakarta mencapai 50 ribu unit. Hingga besok pagi pukul 06.00, diperkirakan mencapai 80 ribu kendaraan," katanya.

Hari ini dan Minggu (6/1) diprediksi menjadi puncak arus balik gelombang kedua dalam liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Karena itu, Refdi Andri bersama rombongan Korlantas Polri mengecek arus kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek hingga Tol Cipali pada Sabtu.

Dalam kesempatan tersebut, Refdi sempat menyapa Rudi Hutapea, seorang pemudik saat singgah di Rest Area KM 164 Tol Cipali.

Rudi Hutapea yang hendak kembali ke Jakarta dari Yogyakarta mengatakan kondisi arus mudik dan arus balik pada liburan akhir tahun ini jauh lebih baik dibanding kondisi tahun sebelumnya.

"Sekarang lebih baik, tidak ada antrean kecuali di pintu tol," kata Rudi.

Menurut Rudi, konektivitas jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya, Jawa Timur, membuat perjalanannya bersama keluarganya merasa nyaman bepergian jarak jauh.

"Dengan adanya tol ini, mobilitas semakin cepat. Bepergian dengan rombongan empat mobil bisa nyaman," katanya.

Rudi pun meminta kepada Kakorlantas Refdi agar mengantisipasi kondisi lalu lintas Tol Trans Jawa saat mudik Lebaran 2019. Hal ini karena banyaknya masyarakat yang antusias ingin mencoba tol bisa mengakibatkan arus kendaraan membludak.

"(Arus kendaraan mudik) Lebaran harus diantisipasi," katanya.
Baca juga: Kendaraan arah Jakarta di Gerbang Tol Cikarang Utama mulai ramai
Baca juga: 5-6 Januari diprediksi puncak arus balik libur akhir tahun

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar