Kendaraan arah Jakarta di Gerbang Tol Cikarang Utama mulai ramai

id Arus balik liburan akhir tahun,Refdi andri,Cikarang utama

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri (tengah) saat menjawab pertanyaan wartawan, di sela-sela pengecekan arus balik libur Natal dan Tahun Baru, di pintu Tol Cikarang Utama, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (5/1/2019). (ANTARA News/ Anita Permata Dewi)

Cikarang (ANTARA News) - Situasi lalu lintas di pintu tol Cikarang Utama hingga Sabtu siang, sedikit padat terutama untuk jalur yang mengarah ke Jakarta.

"Ada sedikit kepadatan, tapi masih normal," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri di pintu Tol Cikarang Utama, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu.

Refdi mengatakan jumlah kendaraan yang melintas dari arah Cikampek ke Jakarta di pintu tol Cikarang Utama pada Sabtu, dari pukul 06.00-12.00 WIB, sebanyak 26.000 kendaraan. Sementara jumlah kendaraan dari Jakarta ke arah Cikampek sebanyak 22.000 kendaraan.

Menurut dia, kondisi jalur tol Jakarta-Cikampek hari ini didominasi oleh kendaraan pribadi dan kendaraan golongan III, IV dan V.

"Kendaraan besar (truk) walau jumlahnya tidak banyak tapi mengisi badan jalan sehingga jalan jadi tampak padat," katanya.

Ia mengatakan banyaknya kendaraan truk yang melintas di Tol Jakarta-Cikampek karena sejak 1 Januari 2019, tidak lagi diberlakukan kebijakan pembatasan truk barang.

"Semenjak tanggal 1 Januari tidak ada pembatasan kendaraan barang," katanya.

Pihaknya memprediksi Tol Jakarta-Cikampek akan semakin ramai pada Sabtu sore hingga malam oleh kendaraan arus balik liburan akhir tahun.

"Kami estimasi (peningkatan kepadatan arus kendaraan) menjelang sore atau malam hari, demikian juga besok," katanya.

Pada Sabtu, Refdi bersama rombongan Korlantas Polri mengecek arus kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek hingga Tol Cipali.

Pasalnya Sabtu dan Minggu (6/1), diprediksi menjadi puncak arus balik gelombang kedua dalam liburan Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: 5-6 Januari diprediksi puncak arus balik libur akhir tahun

Baca juga: Kepala Korps Lalu-lintas pantau jalur rawan macet jelang Tahun Baru 2019

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar