Kami sudah melakukan koordinasi dengan BPBD Rote Ndao. Tidak ada kerusakan akibat gempa
Kupang, (ANTARA News) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Tini Tadeus menyebutkan bahwa gempa bumi berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) yang terjadi di Kabupaten Rote Ndao tidak menimbulkan kerusakan.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan BPBD Rote Ndao. Tidak ada kerusakan akibat gempa, bahkan ada sebagian masyarakat tidak merasakan gempa," katanya di Kupang, Rabu terkait dampak gempa Rote Ndao.

Pada Rabu (2/1) dini hari pukul 00.25.35 WITA terjadi gempa dengan kekuatan 5,2 SR di Kabupaten Rote Ndao.

Gempa Rote Ndao ini berlokasi pada 81 km Laut Sawu, 102 km barat laut Rote Ndao, 104 km barat laut Kupang, 119 km timur Laut Sabu Raijua, 132 km barat laut Kabupaten Kupang dan 1.812 km tenggara Jakarta.

Menurut dia, sejak pagi, tim dari BPBD Rote Ndao bersama sejumlah Polsek di Rote Ndao melakukan penelusuran, terutama ke wilayah-wilayah pesisir untuk mengecek kondisi lapangan dan melakukan dialog dengan masyarakat.

"Sebagian warga mengaku tidak merasakan getaran gempa. Kemungkinan karena sedang tidur lelap karena gempa terjadi dini hari," katanya menjelaskan.

Namun, masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan bencana alam, baik gempa bumi, angin, longsor, banjir, gelombang laut dan lainnya, demikian Tini Tadeus.

Baca juga: Gempa bumi 4 SR guncang Rote Ndao

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019