Tidak boleh ada perayaan malam tahun baru dalam bentuk apa pun...
Sabang, Aceh (ANTARA News) - Wali Kota Sabang Nazaruddin memimpin langsung patroli pengamanan malam pergantian tahun pada Senin untuk memastikan warganya mematuhi seruan untuk tidak menyelenggaraan perayaan.

Mengenakan peci hitam, baju lengan panjang warga coklat muda, dan celana hitam, ia mengendarai sepeda motor trail warna kuning untuk menelusuri pulau terluar paling barat Indonesia.

Patroli pengamanan malam Tahun Baru yang melibatkan aparat Polresta Kota Sabang, Satuan Polisi Pamong Praja serta instansi terkait itu menyasar lokasi keramaian untuk memastikan tidak ada warga yang membakar kembang api atau petasan pada malam menjelang tahun baru 2019.

Wali Kota Sabang dan instansi terkait sudah menyampaikan seruan kepada warga supaya tidak melakukan kegiatan yang mengganggu ketertiban umum pada malam pergantian tahun.

"Tidak boleh ada perayaan malam tahun baru dalam bentuk apa pun, kita ingin menciptakan Kota Sabang ini sebagai kota wisata yang Islami," ujar Nazaruddin.

Pemerintah Kota Sabang juga mengingatkan para pedagang, pemilik hotel/penginapan, restoran dan kafe untuk tidak memfasilitasi kegiatan perayaan menyambut tahun baru 2019.

"Tidak hanya pada saat tahun baru, pada hari-hari biasa pun tidak diperbolehkan melakukan kegiatan yang bertentangan dengan Syariat Islam, karena Sabang berlaku hukum Syariat Islam," kata Wali Kota.

Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pemerintah Kota Sabang telah menyampaikan seruan bersama kepada umat Islam untuk tidak melakukan perayaan menyambut tahun baru Masehi, apalagi dengan kegiatan yang dapat mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum.

"Pihak Kepolisian bersama Satpol PP dan instansi terkait lainnya akan mengambil tindakan tegas jika ada yang membakar kembang api, ada meniupkan terompet saat pergantian malam tahun baru Masehi," imbuh Nazaruddin.

Otoritas terkait di Sabang setiap menjelang pergantian tahun Masehi selalu mengeluarkan seruan bersama kepada warga supaya tidak menggelar perayaan pada malam tahun baru.

Baca juga:
Nikah massal jadi tradisi baru DKI saat pergantian tahun
Pemimpin Jawa Tengah sambut Tahun Baru bersama lansia, yatim piatu

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019