Saat ini sudah terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang melintasi Jalan Tol Trans-Jawa dari barat ke timur,
Bandung (ANTARA News) - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, puncak arus lalu lintas mudik libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Jalan Tol Cipali dan Cipularang diperkirakan akan terjadi pada Sabtu (22/12) dan Minggu (23/12).

"Saat ini sudah terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang melintasi Jalan Tol Trans-Jawa dari barat ke timur," kata Dedi Taufik, di Bandung, Sabtu.

Menurut Dedi, peningkatan jumlah kendaraan telah terjadi sejak Jumat (21/12) dan pada sore harinya serta terdapat 21 ribu kendaraan memasuki gerbang Tol Cikarang Utama, padahal normalnya hanya dilewati sekitar 19 ribu kendaraan.

"Jadi sudah ada peningkatan jumlah kendaraan sampai 12 persen menuju arah Bandung dan Cirebon. Namun tadi malam juga terhitung 70 ribu kendaraan masuk gerbang Cikarang Utama," kata Dedi.

Oleh karena itu, pihaknya bersama kepolisian mengantisipasi perkiraan lonjakan jumlah kendaraan akhir pekan ini dan berbagai persiapan berupa sarana dan personel telah siap siaga.

"(Puncak arus mudik) diprediksi sekarang puncaknya Sabtu dan Minggu karena Natal jatuh pada hari Selasa. Kalau Senin libur bersama, bisa saja sekarang pergerakannya tinggi," katanya.

Dedi menambahkan sejumlah pembangunan di kawasan jalan tol, yakni pembangunan flyover Jakarta-Cikampek, LRT serta kereta cepat yang biasanya memacetkan arus lalu lintas pun dihentikan sementara sehingga arus kendaraan semakin lancar.

"Tentunya kami siaga di jalan utama dan provinsi untuk melayani masyarakat yang datang ke Jabar, dari manapun, baik dari Jakarta, Jawa Tengah atau Jawa Timur" katanya.

Baca juga: Tips berkendara aman saat liburan akhir tahun
Baca juga: Dirut KAI sebut Jumat ini puncak arus mudik Natal-Tahun Baru

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2018