Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memperbanyak gelaran festival seni dan budaya sehingga pelestarian budaya dapat dilakukan secara maksimal.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan bahwa pagelaran festival seni budaya merupakan ruang bagi pengembangan seni dan budaya itu sendiri. 

"Kebudayaan itu dinamis. Seiring waktu mengalami perkembangan. Karena itu tanggung jawab kita bukan hanya melestarikan. Namun, juga mengembangkan.”

“Pagelaran festival membuka kesempatan bagi para peserta untuk memunculkan ide, kreatifitas dan inovasi-inovasi baru. Sehingga, festival seni budaya dapat berkembang seiring dengan perkembangan waktu,” kata Anies melalui rilis yang diterima Antara, Selasa (04/12).

Bukan hanya sekedar wacana, pemikiran itupun Anies wujudkan dengan menambah anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan festival di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta.

Pada Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi DKI Jakarta tahun 2019, anggaran sebesar Rp58,25 miliar diusulkan untuk membiayai 23 kegiatan festival atau sebesar 14,9 persen dari total pagu (batas tertinggi) anggaran sebesar Rp 389,11 miliar di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut.

Jumlah tersebut bertambah dibanding alokasi anggaran pada APBD Provinsi DKI Jakarta tahun 2018 yang hanya Rp15,52 miliar untuk 10 kegiatan festival dari total anggaran sebesar Rp194 miliar.  

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Asiantoro mengatakan bahwa penambahan anggaran itu dilakukan untuk membuat festival sepanjang tahun yang melibatkan melibatkan masyarakat dan berbagai komunitas.

“Pagelaran festival ini juga akan berimbas pada peningkatan laju ekonomi Jakarta. Dengan adanya banyak festival, seniman kita yang tadinya banyak mengganggur bisa bergerak kembali menampilkan kreatifitasnya,” ujar Asiantoro.

Tidak hanya itu, adanya pagelaran festival akan membangkitkan dunia pariwisata di Jakarta. Karena banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung ke ibu kota.

Baca juga: Pemprov akan kembalikan ekosistem sungai Jakarta dengan naturalisasi

Baca juga: Pemprov DKI kebut normalisasi sungai jelang puncak musim hujan


Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018