Jakarta (ANTARA News) - PDI Perjuangan akan melakukan "road show" safari kebangsaan ke seluruh daerah di Indonesia untuk memperkuat struktur partai sekaligus dukungan kepada pasangan capres-cawapres Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

"Hasil Rakernas TKN Jokowi-Ma'ruf di Surabaya memutuskan, bahwa seluruh parpol koalisi pendukung capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf wajib melakukan konsolidasi organisasi dan sosialisasi ke masyarakat terkait keberhasilan Presiden Jokowi," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Jumat.

Menurut Hasto, menindaklanjuti rekomendasi Rakernas TKN Jokowi-Ma'ruf di Surabaya, maka seluruh jajaran DPP PDI Perjuangan akan menjalankan tugas melakukan konsolidasi dan sosialisasi penguatan dukungan kepada pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf di seluruh daerah di Indonesia.

Tim dari DPP PDI Perjuangan yang dipimpin Hasto Kristiyanto, akan melakukan "road show" safari kebangsaan ke Jawa Barat dan Jawa Timur pada pekan ini. Kemudian, Ketua DPP PDI Perjuangan Idham Samawi akan melakukan safari kebangsaan ke DI yogyakarta dan nantinya akan dilanjutkan ke Sumatera yakni Lampung Sumsel, dan Jambi.
 
"Tim dari DPP akan mengunjungi struktur partai di daerah, kepala daerah dari PDI Perjuangan, anggota legislatif di semua tingkatan dari daerah tersebut, serta caleg," katanya.

Hasto menegaskan, "road show" safari kebangsaan  yang dipimpinnnya akan melakukan perjalanan darat dari Jakarta menyusuri pantai utara Pulau Jawa dan melakukan konsolidasi di sejumlah lokasi di Jawa Barat. "Saya juga akan dijadwalkan akan meresmikan kantor DPC PDI Perjuangan di Lamongan Jawa Timur, yang dibangun secara gotong-royong," katanya.

Hasto menjelskan, safari politik kebangsaan ini sasarannya untuk menggelorakan kembali nasionalisme rakyat, memanfaatkan hari pahlawan di mana kesatupaduan elemen bangsa bersatu untuk kejayaan Indonesia. "Masyarakat perlu diingatkan, soal semangat nasionalisme para pejuang kemerdekaan, serta melakukan pengecekan pada tiga pilar partai di dalam memenangkan pemilu 2019," katanya.

Baca juga: Jokowi dan PDIP dinilai sama-sama perjuangkan wong cilik
Baca juga: Di Bali, PDIP patok kemenangan Jokowi-Maruf 80 persen
Baca juga: TKD: Rakernas suntikan semangat menangkan Jokowi-Ma'ruf di Jatim
Baca juga: Hasto: Pemasangan poster Jokowi Raja kampanye hitam

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018