Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden, M Jusuf Kalla, menerima Duta Besar Vietnam untuk Indonesia, Pamp Vinh Quang, di Kantornya, Jakarta, Senin.

Pamp mengatakan, kedatangannya kali ini untuk membawa pesan dari pimpinan dan masyarakat vietnam, menyampaikan duka cita atas tragedi pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 610.

Selain itu, juga menyampaikan bela sungkawa dan duka cita atas bencana alam gempa Bumi dan tsunami di Palu dan gempa di Lombok.

Selain itu dalam kesempatan tersebut juga dibicarakan terkait peningkatan hubungan kedua negara. "Kami juga membicarakan kemitraan strategis antara Indonesia dan Vietnam," kata Pamp.

Ia menyampaikan, Vietnam dan Indonesia memiliki hubungan yang erat. Kedua negara telah memiliki hubungan sejak 1955 yang dibangun Presiden Vietnam saat itu, Ho Chi Minh, dengan Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Pamp mengatakan, dalam perjalanan hubungan kedua belah pihak terus meningkat. Keduanya juga telah menandatangani kerja sama kemitraan strategis. 
 
Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Vietnam September lalu dan pertemuan Jokowi dengan PM Vietnam di Bali saat pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia Oktober 2018 lalu, semakin memperkuat kemitraan strategis kedua negara. 

Indonesia-Vietnam juga telah menyusun rencana aksi 2019-2024, sebagai kelanjutan dari rencana aksi kemitraan strategis 2014-2018.

Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018