Melalui perpustakaan elektronik ini akan memudahkan masyarakat mendapatkan sumber bacaan yang berkualitas sesuai keinginan dan kebutuhan di manapun dan kapanpun
Muntok, Babel, (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan program perpustakaan elektronik untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama generasi muda di daerah itu.

"Melalui perpustakaan elektronik ini akan memudahkan masyarakat mendapatkan sumber bacaan yang berkualitas sesuai keinginan dan kebutuhan di manapun dan kapanpun," kata Wakil Bupati Bangka Barat, Markus di Muntok, Kamis.

Ia mengatakan perpustakan elektronik yang diluncurkan pemeritah daerah melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat merupakan sebuah inovasi baru dalam menjawab kebutuhan masyarakat saat ini.

"Kemajuan tehnologi saat ini harus disikapi dengan baik, kami harapkan kehadiran perpustakaan elektronik ini mampu mengakomodasi kebutuhan layanan pustaka dalam jaringan," kata dia.

Perbaikan pola pelayanan kepada masyarakat seperti itu akan terus ditingkatkan menyesuaikan kebutuhan kekinian sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat.

Menurut dia, budaya membaca perlu terus ditingkatkan karena dengan membaca akan memperluas wawasan dan pengetahuan.
 
Salah satu upaya untuk mewujudkan budaya membaca, setiap tahun pemkab menggelar kegiatan Gebyar Bangka Barat Membaca dan berbagai lomba literasi.

"Berbagai kegiatan sudah dan akan terus dilakukan sebagai upaya menumbuhkembangkan budaya cinta membaca," katanya.

Ia menambahkan "Gebyar Bangka Barat Membaca" 2018 mengundang motivator budaya membaca nasional yaitu Cornelia Agatha dan Ferry Curtis untuk berbagi pengalaman dengan para pelajar di daerah itu. 

Baca juga: Perpusnas akan hadirkan pustaka digital kegiatan wakil presiden
Baca juga: Perpustakaan online Tel-U "publish" karya ilmiah
Baca juga: Wakatobi bangun perpusatakan terapung

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018