Rencananya empat puluh huntara akan dibangun di Desa Gumantar, Lombok Utara.
Jakarta, (ANTARA News) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menerima donasi senilai Rp463.735.800 dari layanan transportasi daring, Go-Jek, untuk disalurkan kepada korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penyerahan dana secara simbolis dilakukan di Kantor Baznas, Jakarta, Jumat.

Dana ratusan juta tersebut merupakan donasi para pengguna Go-Jek yang terkumpul melalui platform Go-Tix, salah satu layanan Go-Jek.

Melalui layanan Go-Tix, para pengguna bisa berdonasi melalui Baznas dengan jumlah donasi mulai dari Rp5 ribu hingga Rp100 ribu dan berlaku kelipatan.

Donasi tersebut dibuka dalam dua periode yakni 8-15 Agustus dan 21-28 Agustus 2018.

Vice President Go-Tix Ario Adimas menyatakan rasa syukurnya atas jumlah donasi hasil kerja sama Go-Tix dan Baznas. Ario berharap donasi ini dapat membantu membangun Lombok sehingga masyarakat bisa kembali beraktifitas dengan normal.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para pengguna Go-Jek yang telah ikut berdonasi. Hal tersebut menunjukkan bahwa layanan on demand yang disediakan Go-Jek merupakan alternatif platform untuk Baznas dalam mengumpulkan donasi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk bersedekah," kata Ario.

Sementara Kepala Baznas Tanggap Bencana, Ahmad Fikri mengatakan bahwa dana dari Go-Jek tersebut akan digunakan untuk membangun empat puluh huntara (hunian sementara) bagi warga Lombok.

"Rencananya empat puluh huntara akan dibangun di Desa Gumantar, Lombok Utara," kata Ahmad.

Saat ini, Baznas telah mendirikan 82 unit huntara di Lombok Utara dan Lombok Barat. Sementara pihaknya saat ini sedang membangun 100 huntara lagi.

Huntara ini dibangun di lokasi rumah-rumah yang rusak berat di Lombok.

Huntara yang dibangun Baznas terdiri atas dua tipe yakni tipe B12 seluas 3,6x3,6 meter dan tipe B24 seluas 3,6x6 meter.

Huntara ini berbahan baja ringan sebagai rangka bangunan dengan dinding kalsiboard, lantai rabat dan atap spandek.

Baznas sendiri menargetkan pembangunan 2.000 unit huntara untuk warga terdampak gempa di Lombok.

 


Baca juga: Baznas bangun Rumah Sakit Lapangan di Lombok Utara

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018