Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy mengatakan ada tiga nama berinisial "M" yang dipertimbangkan menjadi kandidat Ketua Tim Pemenangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, dan ketiganya akan dipanggil dahulu oleh Jokowi untuk dimintai kesediannya.

"Presiden Jokowi akan mengomunikasikan nama-nama ini terlebih dahulu ke parpol koalisi dan akan memanggil ketiga nama itu untuk kesediannya," kata Rommahurmuziy atau Rommy di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan ketiga nama itu baru muncul pada Rabu (15/8) siang setelah pelantikan Komjen Pol Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Menurut dia, setelah pelantikan tersebut, Presiden Jokowi memangilnya untuk berdiskusi terkait tiga nama kandidat tersebut dan akan dikomunikasikan dahulu kepada parpol koalisi.

"Presiden Jokowi akan mengkomunikasikan nama-nama ini terlebih dahulu ke parpol yang lain dan akan memanggil ketiga nama ini untuk kesediannya," ujarnya.

Dia menyebut ketiga nama tersebut semuanya berasal dari non-parpol

Namun Rommy mengaku sampai saat ini belum mengetahui kesediaan ketiga orang tersebut untuk menjadi Ketua Tim Pemenangan sekaligus sikap partai-partai koalisi

"Kita tidak tahu 3 M ini semuanya ada yang setuju atau tidak setuju, kembali ke preferensi masing-masing," katanya.

Selain itu terkait posisi Jusuf Kalla, Rommy menegaskan JK telah memilih untuk menjadi Ketua Dewan Penasihat Tim Pemenangan daripada menjadi Ketua Tim.

Hal itu menurut dia karena posisi JK yang saat ini masih menjabat Wakil Presiden (Wapres) sehingga ingin fokus dalam tugas kenegaraan dan pemerintahan.

"JK sudah memilih untuk berada dalam posisi Ketua Dewan Penasihat di TKN karena beliau tidak ingin presiden dan wapres semuanya terambil konsentrasinya untuk pemenangan 2019. Jadi beliau lebih memilih konsentrasi tugas-tugas wapres," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018