Ada wisata budaya Betawi untuk delegasi Asian Games

id setu babakan,wisata betawi,asian games

Arsip. Dua pemuda menampilkan seni beladiri Silat Cingkrig asal Betawi pada perayaan Lebaran Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta, Sabtu (28/7/2018). Perayaan tahunan Lebaran Betawi 2018 yang menampilkan pagelaran seni budaya, hasil kerajinan, serta kuliner khas Betawi. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menyiapkan paket wisata budaya di kawasan Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan bagi para atlet Asian Games 2018.

"Ada paket wisata yang sudah kami siapkan untuk para atlet, ofisial dan delegasi Asian Games 2018, yaitu berupa wisata budaya di Setu Babakan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disparbud DKI Asiantoro saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, pemberian paket wisata tersebut merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh pihaknya untuk memperkenalkan seni dan budaya Betawi kepada tamu-tamu Asian Games.

"Selain itu, paket wisata itu juga diberikan untuk memberikan kesan yang baik dari tuan rumah kepada seluruh delegasi Asian Games, termasuk atlet dan ofisial," ujar Asiantoro.

Lebih lanjut, dia menuturkan kedatangan para atlet, ofisial maupun delegasi Asian Games di Setu Babakan itu dijadwalkan pada 26 Agustus 2018. Untuk itu, pihaknya pun telah menyiapkan pertunjukan berupa tarian.

"Untuk memeriahkan kedatangan para delegasi itu, kami akan menampilkan tarian massal khas Betawi di Setu Babakan. Tarian massal tersebut terdiri dari 1.000 penari," tutur Asiantoro.

Selain pertunjukan tarian massal, dia mengungkapkan pihaknya juga akan menampilkan beberapa pertunjukan kesenian khas Betawi lainnya, yakni pencak silat dan Palang Pintu.

"Di dalam paket wisata tersebut, para atlet juga akan diperkenalkan dengan berbagai kegiatan, diantaranya cara pembuatan batik khas Betawi dan cara pembuatan dodol Betawi. Paket wisata itu kami berikan secara gratis," ungkap Asiantoro. (T.R027)

(R027/I015)

Pewarta : Rr. Cornea Khairany
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar