Lebaran Betawi ajang menampilkan produk budaya

id sandiaga, budaya betawi,produk budaya

Pekerja mengangkut tanaman hias untuk dekorasi pada persiapan perayaan Lebaran Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jakarta, Jumat (27/7/2018). Perayaan tahunan Lebaran Betawi yang diisi dengan penampilan seni budaya, hasil kerajinan serta kuliner khas betawi tersebut akan berlangsung 28-29 Juli. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Lebaran Betawi 2018  merupakan ajang menampilkan produk budaya Betawi.
     
"Sarana bagi sanggar seni kita yang biasanya minim order. Kita harus berikan dukungan agar sanggar seni Betawi ini mendapatkan kemampuan untuk meningkatkan aktivitasnya," kata Sandiaga saat acara Lebaran Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu.
     
Acara dimeriahkan dengan acara palang pintu, abang - none Jakarta dan silat Betawi.  Serta pedagang yang menjual baju kebaya, batik Betawi, kerak telor, bir pletok, ondel-ondel, kembang kelapa, ornamen gigi balang, baju sadariah, ada roti buaya. 
       
Dia juga menginginkan industri kreatif akan membuka lapangan kerja bagi anak-anak Betawi. "Ini saatnya roti buaya kita tingkatkan karena jarang sekali kita lihat roti buaya di DKI."
     
"Insya Allah anak Betawi bisa mencari kerja lebih mudah ke depan. Anak Betawi sudah ada Perda, Pergubnya. Ayo makin kita kenalkan budaya Betawi," kata Sandiaga.
       
Sehingga membuka tumbuhkan lapangan kerja dengan produk - produk industri kreatif. Jangan mau ketinggalan, tidak boleh didiamkan, tidak boleh nganggur dan tidak boleh lagi main gusur-gusuran, katanya.
     
Wagub juga merasa senang, dimana anak - anak Betawi ini aktif membantu memeriahkan Asian Games. Dan berterima kasih untuk membantu persiapan Sinar Mas di Equestrian. Forum Betawi Rempug (FBR)  juga kemarin membantu  untuk membersihkan daerah-daerah untuk menyambut tamu Asian Games.
     
"Sekarang ini saatnya Betawi maju. Dengan ekonomi Jakarta yang maju dan berkembang Insya Allah kita akan menjadi manusia yang bermanfaat seperti menjadi pedoman kaum Betawi dalam agama Islam yaitu Islam yang Rahmatan lil Alamin," kata Sandiaga.

Pewarta : Susylo Asmalyah
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar