Jakarta (ANTARA News) - Relawan Nasional 212 Jokowi Presiden Republik Indonesia (Renas 212 JPRI) meyakini Kepala Kantor Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko adalah figur yang paling tepat mendampingi Presiden Jokowi dalam Pilpres 2019.
       
"Renas 212 JPRI berpendapat sosok Jenderal (Purn) TNI Moeldoko sebagai tokoh militer, mantan Panglima TNI sangat tepat mendampingi Presiden Jokowi," ujar Sekretaris Jenderal Renas 212 JPRI M. Adnan Rarasina, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis. 
       
Adnan mengatakan meskipun berlatar belakang militer, Moeldoko tidak akan memiliki masalah dengan kedekatannya terhadap umat Muslim. Dia mengatakan, TNI sejak kelahirannya adalah anak kandung rakyat yang didirikan oleh laskar-laskar termasuk para kiai, ulama dan santri. 
       
"Renas 212 JPRI meyakini, Moeldoko sebagai seorang prajurit, tentu sangat memahami proses berdirinya NKRI. Memahami kebangsaan/keIndonesiaan dan keIslaman adalah satu kesatuan, ibarat dua sisi mata uang yang tak terpisahkan untuk menjaga tegaknya NKRI," jelas Adnan. 
       
Renas 212 JPRI memandang Moeldoko sebagai sosok dengan latar belakang militer yang paripurna, akan senantiasa berdiri di antara dua pilar penting, yakni menjaga tegaknya NKRI dan mengayomi umat Islam sebagai bagian penting dari perjalanan sejarah NKRI bersama elemen bangsa lainnya.
       
"Kami meyakini Moeldoko pasti diterima di kalangan Islam," jelasnya. 
       
Renas 212 JPRI juga optimistis Moeldoko dapat diterima partai koalisi pendukung Jokowi. Terlebih, partai koalisi telah menyerahkan pada Presiden Jokowi untuk memilih sendiri wakilnya dari berbagai usulan yang telah dibahas bersama. 
       
Menurutnya, parpol koalisi akan bisa menerima Moeldoko karena di periode kedua pemerintahan Jokowi nantinya dibutuhkan kepemimpinan yang kuat dan merangkul untuk menyelesaikan semua program pembangunan ekonomi, pemerataan serta pertumbuhan pusat ekonomi baru di daerah. 
       
Termasuk juga untuk menyukseskan keberlanjutan program infrastruktur yang menjadi andalan serta penegasan kembali akan cara pandang bernegara dengan menempatkan Pancasila sebagai jalan hidup. 
       
"Sehingga Renas 212 JPRI setelah melalui berbagai diskusi yang panjang sejak bulan Mei 2018 dan penyerapan aspirasi dari daerah maka kami sampai pada kesimpulan akhir mengusulkan duet Jokowi-Moeldoko di Pilpres tahun depan. Insya Allah Sabtu besok akan kami deklarasikan dukungan ini di Jakarta," ujar dia.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018