Jakarta (ANTARA News) - Facebook Indonesia memperkenalkan panduan bagi partai politik dan politikus untuk menggunakan platform media sosial Facebook dan Instagram menjelang pemilihan umum.

“Kami peduli terhadap proses demokrasi dan karena itu penting bagi kami untuk melindungi integritasnya. Kami tidak ingin ada orang yang menggunakan alat kami untuk mengacaukan demokrasi. Kami memperkenalkan panduan ini sebelum Pemilihan Umum berlangsung di Indonesia sebagai bagian dari komitmen kami untuk melindungi dan menjaga integritas proses Pemilu. Kami ingin memastikan bahwa kredibilitas akun para politisi dan partai politik terjaga dengan baik. Sehingga, masyarakat Indonesia bisa mendapatkan informasi yang terpercaya serta perspektif yang beragam,” kata Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari, dalam keterangan pers.

Panduan Facebook dan Instagram bagi politikus dan partai politik ini berisi cara terbaik untuk berinteraksi dengan para pendukung, serta untuk memastikan agar kredibilitas akan dan laman mereka terjaga, dapat diakses di laman facebookindonesiaelectionintegrityinitiative.com.

Selain mengeluarkan panduan untuk partai politik, Facebook Indonesia juga telah mengambil beberapa langkah untuk mengantisipasi Pemilu di Indonesia.

Facebook bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam menjalankan kampanye di Facebook, iklan cetak di surat kabar lokal, maupun iklan radio, yang mengajarkan masyarakat tips tentang bagaimana mendeteksi berita palsu.

Mereka juga mengadakan pelatihan bagi staf Badan Pengawas Pemilu dari seluruh Indonesia untuk mendeteksi berita palsu serta melaporkannya di Facebook dan Instagram, memberitahukan admin halaman politik mengenai keamanan online.

Facebook mengirimkan email pemberitahuan mengenai keamanan online kepada admin Halaman politisi dan partai politik

Facebook juga meluncurkan produk transparansi iklan yang memungkinkan orang untuk melihat semua iklan yang sedang dijalankan oleh sebuah Halaman di Facebook, Instagram, dan Messenger.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018